Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melalui CAMPUS GO EXPORT, Perguruan Tinggi Bisa Berkontribusi Nyata Menjadikan Indonesia sebagai Negara Eksportir Utama Dunia di 2045

Laporan : Suhatno

Kabarrilis.com | Tangerang - Seminar dan Kuliah Ekspor Internasional 2023 dengan tema "Export Excellence: CAMPUS GO EXPORT merupakan rangkaian acara Trade Expo Indonesia ke-38 tahun 2023 yang digelar pada 20 Oktober 2023 di Hall Nusantara 1A ICE BSD City, Tangerang, diselenggarakan oleh Sekolah Ekspor Nasional dengan dukungan dari Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek RI dan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI. 20 Oktober 2023

Dengan tema besar "Export Excellence: CAMPUS GO EXPORT," seminar ini bertujuan untuk mendorong Indonesia menjadi negara eksportir utama dunia pada tahun 2045. Visi acara ini sejalan dengan Program 
Kolaborasi Nasional yang bertujuan untuk mencetak 500.000 eksportir baru pada tahun 2030 yang diluncurkan pada 17 Februari 2021 Menteri Perdagangan RI dan Menteri Koperasi dan UKM RI atas inisiasi Sekolah Ekspor dan lima Asosiasi Usaha untuk menciptakan pengusaha eksportir dan profesional ekspor 
yang kompeten dan cemerlang.

Langkah penting menuju tujuan ini antara lain dicapai melalui "Studi Independen Digital Ekspor" di bawah naungan program Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek RI. 

Program Studi Independen Digital Ekspor 
dilaksanakan oleh Sekolah Ekspor Nasional dan LaCorre-Fashion Export School, yang telah memberikan kesempatan pembelajaran kepada lebih dari 3.000 mahasiswa dari lebih dari 200 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk belajar ekspor secara komprehensif selama stau semester penuh selama 5 bulan dengan konversi hingga 20 SKS. Mahasiswa dan juga lebih dari 2000 Dosen yang telah mengikuti Sekolah Ekspor Dosen serta kini dengan ribuan Mahasiswa Indonesia di seluruh Dunia sedang bersiap mengikuti Sekolah Ekspor PPI Dunia membuat kita Indonesia semakin siap dan mantap untuk menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir utama dunia setidaknya di tahun 2045 dengan dukungan tersedianya 500.000 eksportir baru ditambah para profesional ekspor dan fasilitator ekspor dari seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara. 

Pada tahun 2022, Indonesia menempat peringkat ke 27 sebagai negara eksportir dunia dengan kontribusi 0,01 persen dari total ekspor dunia. Peringkat ke-5 negara eksportir utama dunia sekarang adalah Jepang dengan kontribusi 0,03 persen dari total ekspor dunia Sekolah Ekspor Dunia yang merupakan Kerjasama Sekolah Ekspor Nasional dan Perhimpunan Pelajar
Indonesia (PPI) Dunia. 


Sekolah Ekspor PPI Dunia diluncurkan pada Jum’at 20 Oktober 2023 oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI,Kepala Sekolah Ekspor dan Koordinator PPI Dunia.

Filosofi "Export For All" menekankan peran integral ekspor dalam bangsa,terutama dalam komunitas akademik.Lebih dari 5.000 dosen dan mahasiswa telah menerima pendidikan ekspor yang komprehensif, berkat inisiatif "Merdeka Belajar Kampus Merdeka," yang telah memberikan peluang pendidikan bagi perguruan tinggi untuk memahami dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekspor nasional.

Diharapkan pada tahun 2030 bisa dihasilkan setidaknya 100.000 profesional ekspor yang cemerlang dari program program di perguruan tinggi, yang menjadi dasar penting untuk membuat Indonesia menjadi 
eksportir utama dunia pada tahun 2045.

Seminar tidak hanya menekankan pendidikan dan pelatihan, tetapi juga mengeksplorasi bagaimana perguruan tinggi dapat mendorong inovasi dalam produk ekspor Indonesia untuk meningkatkan daya saing. 

Selain itu, perguruan tinggi diharapkan mendukung inisiatif digitalisasi yang mendukung ekspor Indonesia, di antara kontribusi lainnya.

Seminar dan Kuliah Ekspor Internasional 2023, yang diadakan seiring dengan "Trade Expo Indonesia Edisi ke-38," bertujuan untuk mengumpulkan tokoh akademik terkemuka, Duta Besar, Atase Perdagangan,Atase Pendidikan, Kepala ITPC, dan pemimpin bisnis global. 

Tujuannya adalah menghasilkan ide-ide 
strategis dan menciptakan sejumlah rekomendasi yang akan membimbing bangsa ini menuju visi menjadi eksportir utama dunia pada tahun 2045.

Setelah diawali di TEI 2023, seri Seminar dan Kuliah Ekspor Internasional, dengan tema "Export Excellence: CAMPUS GO EXPORT," akan berlanjut dalam format hibrida di berbagai perguruan tinggi dan di EksporTV. 

Pandangan dan rekomendasi dari acara ini akan diserahkan kepada calon pemimpin nasional untuk digunakan sebagai referensi dalam pengembangan ekspor nasional, yang pada akhirnya akan mengoptimalkan peran perguruan tinggi.

Tentang Sekolah Ekspor Sekolah Ekspor berdedikasi untuk mengembangkan keunggulan ekspor di Indonesia melalui program pelatihan komprehensif dan kolaborasi dengan lembaga pendidikan. Sekolah ini memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan Indonesia menjadi negara eksportir utama dunia pada tahun 2045.