Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

HUT Ke-63, Karang Taruna di Banten Diminta Andika Hazrumy Bantu Atasi Pengangguran

Kabarrilis.com | Serang, - Ketua Karang Taruna (KT) Provinsi Banten Andika Hazrumy menghadiri peringatan hari ulang tahun atau HUT ke-63 Karang Taruna tingkat Kabupaten Serang, Selasa 26 September 2023. Pada acara yang digelar di Aula Sekretariat Daerah Pemkab Serang di Kota Serang tersebut, Andika meminta Karang Taruna di Banten khususnya dapat turun tangan membantu pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran.

"Ke depan saya berharap Karang Taruna bisa lebih fokus lagi terkait persoalan (pengangguran) ini," kata Andika yang kini tengah dipasang menjadi calon Bupati Serang oleh partainya, Partai Golkar, itu.
Menurut politisi yang juha mantan Wakil Gubernur Banten itu, Karang Taruna memiliki peran dalam penguatan kepemudaan. Dirinya melihat bahwa Karang Taruna pada saat ini memiliki peran penting dan strategis dalam membantu pembangunan kepemudaan di daerah. Salah satu PR (pekerjaan rumah) yang memang selama ini masih menjadi tantangan besar itu menurutnya terkait dengan permasalahan daerah seperti masalah mengatasi pengangguran tadi. 

"Kalau kita melihat dalam sekup Provinsi Banten permasalah kepemudaan yang menonjol yaitu terkait dengan masalah pengangguran," papar Andika.
Pengangguran itu, kata dia, tidak hanya menjadi permasalahan di Provinsi Banten tetapi di seluruh Indonesia. Permasalahan pengangguran menjadi semakin intens dalam beberapa tahun terakhir ini diakibatkan pandemi Covid-19. 

"Dalam momen HUT sekarang ini saya memberikan pesan khusus bagi rekan-rekan Jarang Taruna untuk juga dapat memfokuskan untuk memaksimalkan potensi kepemudaan yang ada dalam mengurangi pengangguran," kata Andika. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang Bahrul Ulum dalam sambutannya meminta kader dan pengurus Karang Taruna di Kabupaten Serang untuk bersiap menyambut momen Indonesia Emas 2045 mendatang.

"Kita berharap sebagaimana program nasional dan provinsi dalam rangka menyambut Indonesia emas 2045 maka saya mengimbau kepada seluruh kader Karang Taruna di kabupaten, kecamatan, dan desa agar bisa mendukung dan mensupport program menuju Indonesia emas 2045," kata Politisi Golkar yang kini menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Serang itu.
Langkah yang dapat dilakukan dalam menyambut Indonesia Emas itu sendiri, kata dia, salah satunya adalah bagaiamana bisa memanfaatkan secara positif bonus demografi yang akan didapatkan Indonesia pada 2045 mendatang.

"Sehingga program-program Karang Taruna harus lebih kepada pemberdayaan masyarakat khususnya pemberdayaan ekonomi kecil, mikro atau menengah," kata dia.

Menurut dia, program terkait hal itu sudah ada di pemda, dalam hal ini Pemkab Serang. Masyarakat hanya tinggal perlu didorong untuk memanfaarkan program-program itu oleh kader-kader Karang Taruna yang strukturnya di tingkat desa.


Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang Subur Prianto mengatakan Karang Taruna sebagai salah satu organisasi resmi yang dipercaya oleh Negara untuk membantu pemerintah dalam masalah kepemudaan khsusunya di bidang sosial.

Untuk itu peran Karang Taruna sangat strategis untuk membantu pemerintah dalam bidang kesejahteraan sosial dengan bervisi pada pelayananan, kesukarelawananan, dan pembelajaran yang berdasar pada spirit kepeloporan dan kesetiakawanan sosial.

"Karang taruna juga mitra strategis bagi pemda dalam bidang kesejahteraan sosial sehingga diharapkan berperan aktif dan produktif dalam kegiatan sosial," paparnya.(Muhtadin