-->

Iklan

Tinjau Pelaksanaan PPDB 2024, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar Pastikan Pelayanan Prima

Admin Kabarrilis.com
Wednesday, June 19, 2024, 2:42 PM WIB Last Updated 2024-06-19T07:42:07Z
masukkan script iklan disini

Ampera S, Kabarrilis.com - Serang || Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di SMAN 6 Kota Serang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu 19 Juni 2024.

Kehadiran Al Muktabar di SMAN 6 guna memastikan pelayanan PPDB 2024,di Sekolah tersebut dapat terlaksana dengan baik dan prima.

"Pagi ini kita berada di SMAN 6 Kota Serang. Kita meninjau terkait pelaksanaan PPDB jalur zonasi di sini. Kita ingin pastikan sistem digitalisasinya berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada halangan dan sudah 150 yang mendaftar,” kata Al Muktabar.

Selain meninjau pelaksanaan PPDB di SMAN 6, Al Muktabar pada kesempatan tersebut juga berdiskusi dengan Panitia PPDB bersama Kepala Sekolah (Kepsek) dan para orang tua yang akan mendaftarkan anaknya. 


"Kita mendiskusikan persiapan PPDB di sekolah ini, bagaimana sumberdaya manusianya, sampai dengan jumlah kuotanya," ujarnya.

Dalam hal zonasi menurut Al Muktabar, Panitia PPDB SMAN 6 melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) kepada seluruh data yang masuk. 

"Kita melakukan verifikasi dari mulai KK dan alamat KTP - nya, kemudian kita tarik garis lurus dari atap rumah pelamar sampai titik 0 di sekolah, yakni tiang bendera. Dari situ nanti akan ketemu jarak sebenarnya," ucapnya.

Verifikasi itu, lanjutnya, akan mulai dibuka besok, Kamis (20/6/2024) pukul 00.00. Untuk memastikan proses itu berjalan baik, Al Muktabar akan kembali melakukan pemantauan secara langsung. “Tentu, kita akan pantau terus, sampai hari terakhir,” ucapnya.

Selain jalur zonasi, Al Muktabar memastikan pihaknya juga melakukan pemantauan pada sistem pendaftaran lainnya. Yakni afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

“Sekarang kita pastikan dulu untuk sistem zonasi. Sampai pagi ini semuanya berjalan lancar. Hambatan upload dokumen yang sering dikeluhkan para orang tua, Alhamdulillah sekarang sudah lancar,” ungkapnya.

Ke depan, Al Muktabar berharap semua pendaftar yang masuk bisa diterima, sehingga tidak ada lagi para calon siswa yang ditolak. Namun demikian banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk juga dari regulasi hukumnya.

“Tahun depan kita rencanakan akan membangun Unit Sekolah Baru (USB) di Kota Serang ini. Termasuk juga penambahan sejumlah Sarpras yang terus kita lakukan agar daya tampung sekolah itu bisa semakin banyak,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani menambahkan, sejak pertama dibuka tadi malam sampai saat ini dirinya terus memantau pelaksanaan PPDB jalur zonasi. Menurutnya, sampai saat ini pelaksanaan PPDB itu masih berjalan dengan baik.

“Tadi juga disaksikan langsung oleh Pak Pj Gubernur, bagaimana pelaksanaan PPDB jalur zonasi ini berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dikatakan, pada posisi jam 08.00 WIB, jumlah pendaftar sistem zonasi di Provinsi Banten sudah mencapai 13.390, afirmasi 1.173 dan perpindahan orang tua 172. “Sedangkan untuk SMKN sudah mencapainya 11.318,” pungkas Tabrani.

POLITIK

+