-->

Iklan

Target DD Situudik Peningkatan Akses Jaling dan Lintas Desa - Kecamatan

Admin Kabarrilis.com
Saturday, June 22, 2024, 3:16 PM WIB Last Updated 2024-06-22T08:18:10Z
masukkan script iklan disini

 


Ipay, kabarrilis.com - Kabupaten Bogor || Infrastruktur jalan lingkungan (jaling) akses lintas Desa Situudik Kecamatan di Kampung Pasar Saptu ke Desa Gunung Menyan Kecamatan Pamijahan.


Peningkatan jalan lintas Desa Situudik Kecamatan Cibungbulang kearah Desa Gunung Menyan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, bisa dimanfaatkan sebagai akses untuk mengurai kemacetan.


Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Situudik Mamatsudin, di Ruang Kerjanya Sabtu 22 Juni 2024 sesaat setelah melakukan peninjauan lokasi.


"Untuk mengurai kemacetan itu arahnya kalau masuk wilayah Situudik di Pasar Sabtu ke wilayah Desa Gunung Menyan sekitar 300 meter dengan luasnya dua meter," katanya.


Menurut Mamatsudin, walaupun akses jalan antar Kecamatan yang dibangun, perawatannya masih menjadi tanggung jawab pihaknya. 


"Untuk perawatan sepanjang itu belum dinyatakan jalan Kabupaten yang berarti masih kewenangan Desa dan walaupun Pemdes Situudik, pada waktu yang lalu pernah mengajukan jalan itu menjadi milik Kabupaten sampai saat belum di ACC," ujarnya.


Desa Situudik memiliki 3 titik jalan jalur lingkar akses antar Desa - Kecamatan Cibungbulang ke Pamijahan yang telah dibangun menggunakan anggaran dari Pendapatan Belanja Desa. 


"Sebelah barat itu posisinya Kampung Setu tembus jalan ke Desa Cimayang, keduanya Pasar Sabtu ke Desa Gunung Menyan serta ketiganya sebelah selatan masuk ke kawasan Kunak 2 Situudik ke Desa Pamijahan yang berada diwilayah Kecamatan Pamijahan," tegasnya.


Sementara untuk Jaling, Mamatsudin melanjutkan, berada di Kampung Pasir Eurih sepanjang 1.183 x 1 x 0,03 dengan anggaran Rp. 212.515.000.00.


"Disana itu berupa peningkatan jalan lingkungan, yang dibangun pada masa pemerintahan Bapak Haji Enduh Nuh Hudawi, kebetulan pada saat itu Saya menjadi tok nya.


Untuk lahan pembangunan semuanya sudah clear, berupa hibah masyarakat Desa Situudik dan sudah menjadi asset Desa," ungkap Mamatsudin.


Terpisah, Kokom warga Kampung Pasir Eurih menyatakan, manfaat dari adanya pembangunan dampak positif dirasakan langsung oleh warga sekitarnya.


"Lebih dari tujuh tahunnan jalan ini dulu dibangun dan sekarang ditingkatkan ke hotmik jadi permukaannya lebih rata, kami haturkan terimakasih khususnya kepada Bapak Mamatsudin Kepala Desa Situudik," pungkasnya.

POLITIK

+