-->

Iklan

Kemendagri Gelar Rakor, Pantau Provinsi Papua Barat Daya Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2024

Admin Kabarrilis.com
Friday, June 28, 2024, 9:34 PM WIB Last Updated 2024-06-28T14:35:53Z
masukkan script iklan disini
Kabarrilis.com   |  Sorong – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya. Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Papua yang digelar bulan lalu di Jayapura.

Dalam sambutannya, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Togap Simangunsong menyampaikan beberapa indikator kesuksesan Pilkada. Pertama, Pilkada berjalan aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku. “Meskipun ada pesta demokrasi, Pilkada ini kita mengharapkan tetap berlangsung aman lancar sesuai aturan yang berlaku,” ujar Togap di Hotel Aston, Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (28/6/2024).

Indikator kedua, yaitu tingginya partisipasi pemilih. Melihat partisipasi pemilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) sebelumnya mencapai 81,78 persen, dirinya berharap angka ini dapat terjaga atau ditingkatkan pada Pilkada Serentak 2024. Tingginya partisipasi pemilih ini penting agar legitimasi hasil Pilkada semakin kuat.

Lebih lanjut, Togap mengatakan, indikator ketiga suksesnya Pilkada Serentak 2024 yaitu tidak adanya konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, terutama konflik kekerasan. Guna mencapai ini, kerja sama antara pemangku kepentingan, terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sangat diperlukan dalam mendukung pengamanan.

Selain itu, kesuksesan Pilkada Serentak 2024 juga memerlukan sinergi penyelenggara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Selain itu, media massa juga memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi positif terkait tahapan Pilkada. Masyarakat juga diharapkan aktif berpartisipasi dalam Pilkada mendatang, sehingga berjalan lebih transparan dan demokratis.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Pilkada Aman dan Damai Tahun 2024 se-Papua Barat Daya. Deklarasi itu ditandatangani oleh Kepala Daerah se-Provinsi Papua Barat Daya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua Barat Daya, Penyelenggara Pemilu se-Provinsi Papua Barat Daya, dan Ditjen Polpum Kemendagri.

Editor   :  E-Pay

POLITIK

+