Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimtek Pemantapan Tungsura Melalui Aplikasi Sirekap Pemilu 2024

 

Editor : Ipay || kabarrilis.com - Bogor.

Detik-detik akhir pelaksanaan hari - H pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Sabtu 10 Februari 2024 melaksanakan kegiiatan bimbingan teknis (bimtek).

Bimtek pemantapan penghitungan surat suara (tungsura) dan uji beban sistem Informasi rekapitulasi pemilu (sirekap) di Majlis Taklim Imadul Ummah untuk 280 kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps).

Dalam kesempatan tersebut, Solehudin Ketua PPS Purasari menyatakan materi bimtek tentang pemantapan Sirekap itu merupakan tugas utama KPPS setelah pemungutan suara dilaksanakan.

"Materi bimtek pemanatapan tentang tugas dan tanggung jawab kpps, tata cara pemungutan dan penghitungan suara dan uji beban bagi aplikasi sirekap.

Hari ini, kita mengagendakan kegiatan ini karena, setiap kpps diwajibkan untuk melaporkan pelaksanaan, pemungutan dan perhitungan suara melalui aplikasi si rekap." ungkap Solehudin kepada wartawan.

Solehudin mengatakan, dengan bimtek ini petugas KPPS bisa memahami tugas mereka, dan tentu proses pemungutan suara nanti bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

"Salah satu materi penting dalam bimtek yakni terkait pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Karena untuk melapor hasil Pemilu berlangung nanti dan sekalian upload dokumen kegiatan, berharap petugas KPPS khusus nya operator dapat menguasai aplikasi tersebut" Imbuhnya.

Dia menyebutkan, untuk jumlah TPS yang ada di desa purasari, yaitu 40 TPS yang tersebar dengan jumlah DPT 10.189, untuk DPT laki-laki 5,316 dan perempuan 4.873.

"Mudah-mudahan hajat nasional ini khusus di desa purasari umumnya se-indonesia bisa berjalan lancar damai, kondusif sukses tanpa exses" Pungkasnya.