Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polsek kemuning kembali Giat Sholat Subuh Keliling Dalam Rangka Cooling System Pemilu Damai

Kabarrilis.com  |    Jajaran Polsek kemuning bersama UPIKA, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kembali sinergi laksanakan giat SULING (Subuh Keliling) dalam rangka usaha bersama perkuat silaturahmi dan kemitraan dengan masyarakat dan upaya ciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif jelang pemilu damai 2024, Senin 15 Januari 2024.

Giat tersebut dipelopori oleh komisaris polisi bijak, humanis, Budiman. Dia adalah Kapolsek kemuning AKP Kompol teguh Wiyono S.H M.H., giat tersebut juga dalam rangka meningkatkan kemitraan polri dengan masyarakat, serta dalam rangka upaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas menjelang pemilu 2024, agar tercipta situasi dan kondisi yang aman, damai dan kondusif selama tahapan pesta demokrasi berlangsung. 

Kapolsek kemuning, AKP Kompol teguh Wiyono bersama personil Polsek kemuning lainnya, tampak sangat aktif rutin berkeliling, untuk melaksanakan kegiatan sholat subuh berjamaah, dan dilanjutkan silahturahmi atau dialog bersama masyarakat, dalam rangka kegiatan cooling system, guna mengajak masyarakat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman dan damai, menjelang pelaksanaan pemilu 2024.

Giat SULING ( sholat subuh keliling) kali ini dilaksanakan di masjid alansor kelurahan selensen kecamatan kemuning kabupaten indra giri hilir, senin 15 Januari 2024 subuh. Kegiatan sholat subuh keliling ( SULING ) secara berjamaah tersebut diprakarsai oleh Kapolsek Kemuning Kompol teguh Wiyono S.H M.H., kegiatan sholat subuh keliling tersebut dilakukan bersama UPIKA dan tokoh masyarakat bersama tokoh agama yang ada di kecamatan kemuning, atas dasar kesadaran bersama demi menjaga keutuhan NKRI, demi perkuat silaturahmi, demi menjaga sinergitas bersama untuk mensukseskan pemilu 2024.

Dalam kegiatan sholat subuh keliling tersebut Kapolsek kemuning bersama UPIKA dan tokoh agama kemuning, tidak hanya menyampaikan pesan pesan pemilu damai saja namun dalam kegiatan tersebut, Kapolsek kemuning bersama UPIKA dan tokoh agama kemuning juga menyampaikan pesan pesan religi berupa tausiah agama untuk Cooling system (mendinginkan suasana) dan mengajak masyarakat untuk mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan ditengah tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Komisaris polisi humanis yang bijak Budiman itu pun, jauh jauh hari sudah siapkan tokoh - tokoh agama untuk mengisi tausiah agama setelah sholat subuh berjamaah, para tokoh agama tersebut sudah membuat jadwal khusus untuk ikut berperan aktif melakukan pembinaan masyarakat, dengan cara rutin mengisi tausiah di tiap tiap masjid yang dikunjungi, kebetulan pada giat subuh keliling pagi itu, sesuai jadwal diadakan dimasjid Al Anshor, tausiah agama disampaikan oleh ustadz Aziz.

Dalam tausiyahnya ustad Aziz menyampaikan tentang 'manajemen qolbu', pentingnya menata dan menjaga hati dari sifat sifat buruk. Manajemen qolbu ( pengendalian dan penataan hati ) merupakan Syarat hidup aman tentram, bahagia didunia dan akhirat. 

"Sesuai dengan doa sapu jagat yg kita baca setiap solat adalah kita harus punya 3 hal. Pertama Asshofa ( selalu membersihkan diri dari penyakit hati seperti ; gengsi, marah, benci, dendam, sombong, iri, dengki, prasangka buruk dll). Ke dua al wafa ( antara hati dan mulut harus sinkron atau sejalan ) Dan yang ketiga al jafa ( antara pujian dan cacian manusia sama saja) tak merubah apapun karna yg dicari hanya ridlo dan derajat disisi Allah SWT" jelas ustadz aziz

Setelah selesai tausiah kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pesan pesan Kamtibmas oleh Kapolsek kemuning Kompol teguh Wiyono S.H M.H., dalam kegiatan tersebut, Kapolsek kemuning menyampaikan dengan tegas pesan - pesan untuk menjaga kamtibmas kepada jemaah masjid agar tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax menjelang pelaksanaan pemilu 2024, agar pemilu bisa berjalan kondusif aman dan damai.

"Menjaga Kamtibmas dimulai dari hal yang terkecil yakni dalam lingkungan rumah, ciptakan situasi yang aman terhadap keluarga akan berdampak besar bagi lingkungan sekitar. Dan Pilihlah yang menjadi kebaikan untuk diri kita dan keluarga untuk kemajuan bangsa dan negara. Karena suara mu hari ini adalah penentu bangsa dan negara 5 tahun yang akan datang" tegasnya 

Terkait dengan tahapan pemilu yang saat ini tengah berlangsung di tahapan kampanye, ia mengimbau para jamaah untuk tetap menjaga kesatuan meskipun terdapat perbedaan pilihan.

"Terkait Kamtibmas jika ada satu permasalahan di masyarakat, silahkan bapak ibu sampaikan secara cepat informasi tersebut kepada bhabinkamtibmas agar bisa dapat kita selesaikan. Stop Hoax, Stop Isu Sara, Stop Perpecahan agar pemilu 2024 tahun ini berjalan dengan aman dan damai" Imbuhnya.

Kapolres Inhil melalui Kapolsek kemuning Kompol teguh Wiyono S.H. M.H juga menyampaikan himbauan kamtibmas agar masyarakat mendukung kinerja polri presisi dalam hal memelihara kamtibmas menjelang pemilu 2024 supaya pemilu bisa berjalan kondusif, aman dan damai, serta menolak segala berita hoax dan ujaran kebencian berbau SARA yang bisa memecah belah persaudaraan.

Polsek Kemuning Polres Indragiri Hilir terus melakukan inovasi dan upaya terhadap implemantasi perintah dari Bapak Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada 25 Agustus 2023 yang mana kegiatan tersebut dimulai dimulai sejak 11 September 2023 yakni Kegiatan Cooling System dalam Rangka menghadapi Pemilu 2024.

Kegiatan cooling system ini juga dilakukan di sejumlah tempat ibadah yang ada dikecamatan kemuning. Kali ini, Masjid Al-Anshor di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, yang menjadi sasarannya.

Kapolsek kemuning menjelaskan, bahwa dalam kegiatan sholat subuh berjamaah ini juga sebagai ajang menjalin silahturahmi dan komunikasi dengan masyarakat, dengan tokoh tokoh agama, dengan tokoh - tokoh masyarakat dan tokoh adat yang ada, untuk bersama-sama menjaga serta mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif menjelang pemilu 2024

“Selain itu, saat ini rangkaian pesta demokrasi sudah mulai berjalan, tentunya diantara warga akan ada perbedaan pandangan dan pilihan politik, jangan jadikan perbedaan tersebut sumber perpecahan diantara warga masyarakat, baik sebelum pemilu, pada saat pemilu berlangsung dan setelah pemilu berlangsung, tetap jaga kerukunan dan kesatuan antar warga, mari sukseskan pemilu tahun 2024 yang kondusif, aman dan damai,” tutup Kapolsek kemuning

Kegiatan subuh keliling (SULING) yang digagas oleh komisaris polisi yang bijak itupun berhasil menuai respon positif dan disambut baik oleh berbagai lapisan masyarakat, diantaranya adalah seorang pekerja kebun sekaligus distributor PDAM (Dian Artha) 

Kepada wartawan Dian Arta menyampaikan apresiasi dan rasa senang serta merasa bangga dengan diadakannya giat subuh keliling tersebut yang di selenggarakan oleh Polsek kemuning bersama Upika kemuning.

"Alhamdulillah Kegiatan seperti ini tentunya dapat menambah semangat baru bagi kita dalam menjalankan ibadah, terutama shalat subuh berjamaah, dengan adanya kegiatan suling ini, kita bersama sama - sama menyatukan niat baik dan semangat dalam mensyiarkan agam Islam, selain itu giat seperti ini juga bermanfaat menjaga ketertiban, dan tentunya ini dapat membangun semangat untuk memulai aktivitas masih di pagi hari, karena Islam mengajarkan kita untuk selalu memulai aktivitas di waktu subuh, setelah shalat subuh, dan para malaikat akan turun meyaksikan, serta membagi bagaikan rejeki untuk orang orang muslim yang senantiasa bangun subuh" ungkapnya 

Bersambung.....

[Sudirlam]