Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Ngahuma' Kolaborasi Dari Ketahanan Pangan dan Budaya Parakanmuncang

 

Laporan : Ipay ||

Kabarrilis.com, - Ngahuma bagian dari tradisi leluhur sebagai kolaborasi antara ketahanan pangan dan budaya, yang diinisiasi oleh Mauludin, Kepala Desa (Kades) Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.

Kegiatan Ngahuma (penanaman padi di darat) disuport oleh PT. Antam Pongkor Tbk, Pemerintah Kecamatan Nanggung,Kesatuan Keluarga Besar Kasepuhan (KKBK) Jawa Barat - Banten serta Kasepuhan Urug Lebak Kampung Adat Urug, di Kampung Cogreg Rt 03/03, Rabu 10 Januari 2024.

"Kami membuka kembali adanya padi huma, progres untuk kedepannya ini perdana di desa Parakan Muncang, kami di bobotohan oleh kasepuhan adat urug, KKBK Jabar - Banten serta dari PT. Antam," ungkap Mauludin.

Menurut Mauludin, Ngahuma yang di inisiasinya merupakan kolaborasi, antara ketahanan pangan dan budaya bersama dengan Pemerintah.

"Yang dilaksanakan bersama ini dalam rangka melestarikan untuk kedepannya, karena untuk melakukan penanaman bibit padi huma ini menemukan bibitnya saja harus ke gelar alam," ujarnya.

Mauludin berharap, kegiatan yang telah diinisiasinya dapat dijadikan cadangan bibit sebagai prioritas, selain bagian dari melestarikan adat dan budaya.

"Jenis padinya sendiri disebutnya padi huma yang berwarna merah, lahannya saat ini kurang lebih satu hektare yang sudah kita bersihkan yang siap untuk ditanami. Mudahan-mudanan menjadi cadangan bibit, selain itu bisa untuk berbagi kepada masyarakat siapa yang ingin mengikuti atau melestarikan adat dan budaya," tegasnya.

Ini akan menjadi program ketahanan pangan di Desa Parakanmuncang, lanjut Mauludin, "tujuan dari awal ini kita menyiapkan bibit terlebih dahulu, kemudian rencananya membuat lumbung padi, misalkan setiap warga diberikan bibit 5, harus mengembalikan lagi 5 disitu ada lumbung pagi. Silahkan untuk mengisi lumbung padi mau satu atau dua," terangnya.

Senada dengan Mauludin, Arif Rahman Manager CSR PT Aneka Tambang Tbk Pongkor, menyatakan keseriusannya di dalam mendukung program Ngahuma yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Parakanmuncang.

"Kami dari Antam amat suport sekali, kegiatan tanam padi huma 'Ngahuma' yang diselenggarakan oleh pemerintah desa parakanmuncang bersama kelompok tani ini menjadi poin fokus untuk kami CSR Antam ditahun ini dan kedepan salah satunya iyalah ketahanan pangan jadi," ungkapnya.

PT. Antam siap memfasilitasi pengembangan lanjutan dari program Ngahuma, yang merupakan pilot project kolaborasi ketahan pangan dan budaya secara tepat guna,

Agar tepat sasaran dan nanti kita dari Antam akan beri team pendampingan untuk memfasilitasi para kelompok tani. Adapun bentuk program yang dibutuhkan oleh para kelompok tani ini sendiri, nanti kita lihat dulu perkembangan kedepan, biar kami tahu terlebih dahulu apa yang benar-benar mereka butuhkan," pungkasnya.