-->

Iklan

Safari Jurnalistik Gagasan PWI Besama Diskominfo Kabupaten Bogor

Admin Kabarrilis.com
Tuesday, December 05, 2023, 3:10 PM WIB Last Updated 2023-12-05T08:10:23Z
masukkan script iklan disini

 

Laporan : Jamparing Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), berkerjasama dengan Dinas komunikasi dan informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor, kembali melaksanakan kegiatan Safari Jurnalistik.

Kali ini kegiatan Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor, dilaksanakannya di Aula Kantor Kecamatan Gunung Sindur, Selasa 05 Desember 2023.

bekerjasama dengan PWI Kabupaten Bogor Kembali Laksanakan Safari Jurnalistik yang kini dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Gunung Sindur, pada Selasa (05/12/23).

"Kegiatan safari jurnalistik ini, merupakan kolaborasi dengan diskominfo Kabupaten Bogor, dibawah komando Bayu Rahmawanto selaku kepala Dinas. Giat kali ini bertemakan 'Pemahaman, mengedepankan etika jurnalistik dan Undang-Undang pokok Pers' yang dihadiri ole forum pimpinan kecamatan atau Forkopimcam Gunung Sindur," ungkap Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo.

Menurut Dia, profesi jurnalistik harus di jalankan sesuai dengan kaidah, norma dan etika serta Undang-undang pokok Jurnalistik.

"Pasca reformasi saat ini telah terjadi euforia, yang menyebabkan kebebasan pers, sehingga di era ini berbagai organisasi kewartawan banyak bermunculan," ujarnya.

Terlebih lagi, kata Subagiyo, banyak keluhan dari para pemangku kebijakan, mulai dari Kepala Desa (Kades)/Lurah, Kepala Sekolah, Camat se-Kabupaten Bogor, hingga para pimpinan di SKPD di lingkup Pemkab Bogor, yang disambangi pihak-pihak tak bertanggungjawab dengan mengatasnamakan profesi wartawan.

"Maka itu, banyak yang perlu diberi pemahaman, karena desa adalah bagian yang kita sebut sebagai pahlawan Desa serta pahlawan sesuai dengan aspek di bidangnya,” tambahnya.

Subagiyo juga menyampaikan, rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah menerima baik giat Safari Jurnalistik yang digagas PWI Kabupaten bersama Diskominfo setempat.

“Saya merasa bangga di Kecamatan Gunung Sindur, karena Forkopimcam nya terlihat merasa kompak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Rahmawanto mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin antara intansinya itu dengan wadah organisasi keprofesian kewartawan yang menghelat giat semacam tersebut.

Pasalnya, kata Bayu, momentum itu sangat baik bagi para aparatur pemerintahan di lingkup Pemkab Bogor dalam memberikan pemahaman dan edukasi terkait yang terjadi di wilayah.

"Di giat ini, banyak yang menyampaikan rasa terima kasih kepada kami dan PWI Kabupaten Bogor khususnya, karena telah memberi wadah kepada para kades dan camat khususnya di Kecamatan Gunung Sindur untuk mencurahkan rasa keinginan tahunya saat menghadapi rekan-rekan wartawan yang dirasa sangat berbeda dengan yang ada di PWI Kabupaten Bogor," ungkapnya.

Lebih jauh ia memaparkan, dalam hal itu pun Diskominfo Kabupaten Bogor merasa sangat senang atas kolaborasi yang terjalin dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Bumi Tegar Beriman, dalam menghelat safari jurnalistik.

"Diskominfo Kabupaten Bogor sangat senang, dan merasa puas atas giat Safari Jurnalistik yang digelar untuk ketiga kalinya.Yang pertama di kecamatan Citeureup, Bojonggede, dan kecamatan Gunung Sindur yang terakhir pada hari ini. Insha Allah akan kita lakukan terus acara yang positif seperti ini untuk di tahun 2024 yang akan datang," pungkasnya.

POLITIK

+