-->

Iklan

Lansia Menjadi Prioritas Pembagian BLT Kompensasi TPAS Galuga Desa Cijujung

Admin Kabarrilis.com
Monday, December 11, 2023, 10:19 AM WIB Last Updated 2023-12-11T03:19:14Z
masukkan script iklan disini

 

Laporan : Ipay ||

Kabarrilis.com, Bogor - Pencairan dana Kompensasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga, dari Kabupaten dan Kota Bogor tahun 2023, bagi warga 3 Desa terdampak.

Masyarakat Tiga Desa yang terdampak langsung dari adanya TPAS Galuga itu, Galuga, Dukuh dan Cijujung Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. 

Kepala Desa (Kades) Cijujung Hapid Priatna menyatakan, dana kompensasi yang dibagikan dengan cara terjadwal per-wilayah dan untuk lanjut usia (lansia) menjadi prioritas.

"Sehingga dengan terjadwal, semuanya penerima dapat tertib, didampingi oleh para Ketua wilayahnya masing-masing. Selain itu lansia kami dahulukan, sebagai prioritas seluruh pelayanan dari Pemerintah Desa Cijujung," ujarnya.

Hapid Priatna membagikan BLT kepada 594 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dana kompensasi TPAS Galuga berasal dari Kabupaten dan Kota Bogor untuk tahun anggaran 2023.

"Nominal yang didapat masyarakat dari Pemerintahan Kota Bogor Rp. 503.258, serta dari Kabupaten Rp. 589.379. Dari 100 persen kompensasi yang diterima, di dua 60 persen untuk blt 40 persennya lagi pembangunan," terang Hapid kepada wartawan, di Ruang Kerjanya Minggu 10 Desember 2023.

Masih kata Hapid Priatna, "alokasi untuk pembangunan sesuai usulan dari masyarakat, pengajuannya renovasi mushola dan masjid. Alhamdulillah selama ini setiap ada kejadian, baik dari kota dan kabupaten cepat tanggap, lebih prioritas serta mungkin akan dibangun juga Pustu," ujarnya.

Senada dengan Hapid Priatna, Jaenudin Ketua BPD Cijujung, dalam kesempatan yang sama menyatakan, kompensasi dari TPAS Galuga sudah diterima secara baik oleh masyarakat.

"Banyak faedah dan manfaat yang bisa dirasakan warga, dari kompensasi ini untuk kesejahteraan warga terdampak tpas Galuga. Nominal kompensasi yang di dapat warga pertahunnya mencapai Rp. 1.092.637, yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor.

Selain itu, dana kompensasinya yang 40 persennya, saat ini sesuai usulan dari masyarakat dibangunkan sarana keagamaan," pungkasnya.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Forkopimcam Cibungbulang, Ketua Forum 3 Desa dan jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) Cijujung sebagai pelaksana.

POLITIK

+