Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim 0503/Jakarta Barat Berikan Sosialisasi Tugas Perbantuan TNI Dalam Pengamanan Pemilu 2024 di Makoramil 01/Tamansari

Laporan : Suhatno

Kabarrilis.com  | Jakarta  - Kodam Jaya - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0503/Jakarta Barat, Letkol Inf E.S Putra Siregar S.I.P yang di dampingi Danramil 01/Tamansari, Mayor Inf Mulia Adi Dharma  memberikan sosialisasi tugas perbantuan TNI dalam Pengamanan Pemilu 2024 kepada Prajurit. Bertempat di aula Makoramil 01/Tamansari  Jalan Mangga Besar VI Utara, RT. 008/01, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. Selasa (19/12/2023).

Dandim 0503/Jakarta Barat, Letkol Inf E.S Putra Siregar S.I.P dalam kesempatan tersebut mengatakan, sosialisasi tersebut dilaksanakan guna memberikan pengetahuan kepada seluruh prajurit Koramil 01/Tamansari agar benar-benar memahami peran dan fungsinya dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu saat ini.

Diperkirakan prajurit dapat menambah wawasan mengenai Netralitas TNI, serta dapat bertindak sesuai SOP dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, katanya.

"Dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 perlu adanya pemahaman terkait aturan-aturan tentang penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada bagi setiap prajurit TNI, apa saja yang merupakan perintah untuk dilaksanakan dan apa yang menjadi larangan untuk tidak dilaksanakan selama masa pemilu dan Pilkada." ujarnya.

Sosialisasi itu perlu dilaksanakan mengingat pentingnya upaya pemahaman akan netralitas bagi para Prajurit sehingga dapat menjalankan tugas sesuai SOP dan ketentuan yang sudah ditetapkan sesuai peraturan serta undangan, sehingga tidak salah dalam bertindak dilapangan, terutama pada Pemilihan Umum 2024, ungkapnya.

"Asas Netralisasi seorang Prajurit harus diwujudkan, tidak mempengaruhi pihak manapun dan siapapun juga."tuturnya.

Selain itu pula Dandim mengatakan, para personil hendaknya untuk terus menjaga kesehatan dan waspadai masa kampanye dan saat pencoblosan, Untuk TPS yang ada di wilayah-wilayah Binaan, maka Babinsa mulai peduli untuk melihat ,bertanya dan mendengarkan Info-Info dari Ketua  RT dan RW karena beliau yang mengenal serta mengetahui warganya  asli atau bukan.

"Waspadai daerah merah yang mungkin
menjadi masalah, Untuk itu nanti akan di ploting dari BKO, Pasukan BKO akan di Insert seminggu menjelang hari pencoblosan pemilu."tutup Dandim. (Pen01/TS)