Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Berada Dalam Hamparan Ring 1 SEGS, Kades Purasari : Saya Khawatir Ini Dampak Dari Sana

 

Laporan : Ipay ||

Kabarrilis.com, Bogor - Gempa bumi berkekuatan 4,6 skala richter (sr) telah mengguncang Kabupaten Bogor bagian Barat, Kamis 14 Desember 2023.

Berdasarkan data sementara, khusus nya kejadian gempa di Kampung Pel Cianten, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang tercatat 310 rumah warga mengalami rusak berat, sedang dan ringan.

Terjadinya gempa di wilayah Kampung Pel dikatakan oleh Kepala Desa (Kades) Purasari Agus Soleh Lukman, sudah terjadi sejak lama.

"Kejadian ini memang kesekian kalinya, getaran-getaran sendiri sudah sering terjadi dari dulu, sebelumnya sudah sekitar seminggu terjadi dan ini terjadi susulan," ujarnya.

Agus mengkhawatirkan, terjadinya gempa di wilayah Desa Purasari diduga disebabkan adanya kegiatan dari PT. Star Energy Geothermal Salak (SEGS). 

"Mengenai wilayah Cianten itu dekat dengan lempengan Gunung Salak, nah ini yang saya khawatirkan ada kegiatan - kegiatan di wilayah SE," katanya.

Kekhawatiran Agus berdasarkan letak wilayahnya, yang berdekatan dengan  ring satu penerima Bonus Produksi dari SEGS.

"Saya khawatir saat ini jadi ada indikasi-indikasi ke sanakan, kenapa saya mengindikasikan ke sana ? karena memang di kaki-kaki gunung salak sendiri kalau. Misalkan ini di terjadi titik koordinat di kebencanaan wilayah Gunung Salak seperti Kawah Ratu, sementara dikaki kaki gunung salak lain tidak terdampak. Artinya Kenapa di sekitaran kaki ke Gunung Salak yang lain tidak terjadi ?, kenapa kok di sini bisa terjadi ?," ungkapnya.