Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Mendagri Terus Ingatkan Peran Penting PKK

Kabarrilis.com   |  Jakarta   -   Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memiliki peran yang sangat besar dan penting dalam mendukung kinerja pemerintah pusat. Pasalnya, TP PKK merupakan sebuah organisasi yang kuat dan memiliki jangkauan yang sangat luas hingga ke tingkat keluarga.

Hal ini ditegaskan Mendagri pada acara Pelantikan Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Papua Pegunungan di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (29/11/2023).

"Saya melihat TP PKK satu-satunya organisasi di Indonesia ini yang memiliki daya jangkau, daya tusuk, penetrasi sampai ke tingkat keluarga adalah PKK, artinya ini adalah sesuatu social engine, mesin sosial yang sebetulnya sangat powerful," katanya.

Oleh karena itu, kata Mendagri, Pj. Ketua TP PKK perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, terutama dalam hal melaksanakan 10 program pokok. Selain itu, Pj. Ketua TP PKK juga harus didukung oleh tim yang kuat dan mumpuni, serta paham tentang peran PKK. Tujuannya, agar ke depan TP PKK mampu membuat terobosan untuk persoalan pendidikan, kesehatan, dan berbagai persoalan sosial lainnya.

"Tim yang mau memiliki terobosan-terobosan soal kerajinan masyarakat bagaimana bisa diberdayakan, kemudian bagaimana membuat pendidikan di daerah itu anak-anaknya yang putus sekolah bisa dibantu misalnya," imbuh Mendagri.

Lebih lanjut, meskipun masa jabatan yang akan diemban cukup singkat, kedua Pj. Ketua TP PKK provinsi ini tetap diminta oleh Mendagri agar bekerja keras dan bersungguh-sungguh. Setidaknya, kata Mendagri, mereka dapat meninggalkan legacy dan nama baik yang dapat dikenang oleh masyarakat setempat.

"Setahun itu adalah pendek, tapi lumayan panjang untuk membuat sesuatu yang akan membuat baik nama masing-masing," ujarnya.

Mendagri juga berharap kepada kedua tokoh yang baru dilantik, selaku koordinator di wilayah masing-masing, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dengan TP PKK kabupaten/kota.

"Sekali lagi menghidupkan ini (TP PKK), ini harus dihidupkan, mesin ini sangat penting, mesin sosial penting satu-satunya yang menyentuh keluarga," tandasnya.

Editor :  Dhi