Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Terima Audiensi Komascipol, Ditjen Bina Adwil Kemendagri Tekankan Pentingnya Sinergisitas Hadapi Bencana

Kabarrilis.com   |  Jakarta - Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Edy Suharmanto menegaskan, pentingnya sinergisitas dalam menghadapi bencana. Hal itu disampaikannya saat menerima pengurus Komunitas Masyarakat Cinta Polri (Komascipol) di Kantor Kemendagri, Senin (30/10/2023). Dalam pertemuan itu, kedua pihak berbagi pengalaman terutama dalam menangani korban bencana alam.

"Di Direktorat Bina Adwil ada bidang yang sejalan dengan misi dan visi Komascipol yakni Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. Kita perlu sinergisitas (dalam menghadapi bencana) karena tidak bisa bergerak sendiri," katanya.

Dirinya mengapresiasi Komascipol yang aktif terjun ke wilayah yang tengah dilanda bencana alam. Edy menjelaskan, penanganan bencana di Indonesia dilakukan dengan terus memperkuat langkah-langkah mitigasi atau pencegahan. Dia menekankan, partisipatif dari seluruh warga termasuk organisasi kemasyarakatan (ormas) atau komunitas dalam menghadapi bencana alam penting diberikan.

"Kami menghargai kehadiran pengurus Komascipol sebagai bagian dari kepedulian kepada masyarakat," puji Edy.

Sementara itu, Koordinasi Nasional Komascipol Abu Mundzir Al-Ghifary mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Kemendagri. Dirinya mengapresiasi peran Kemendagri dalam melakukan pembinaan terhadap ormas dan berharap sinergi antara keduanya dapat terus terbangun.

"Selama ini kami berperan aktif di kebencanaan, gempa bumi, banjir, tanah longsor, Covid-19, kebakaran, bakti sosial. Kami juga aktif melawan narkoba, hoaks, radikalisme dan terorisme," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, turut mendampingi Edy di antaranya Kasubdit Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manusia Polisi Pamong Praja Beny Marolop Pakpahan, serta Kasubdit Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Bencana Pramudya Ananta Boga.


Editor   :  Dhi Wijaya