Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembukaan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di Wilayah Kampung Cikaret Desa Purasari.

Kabarrilis.com  | Bogor  -  Kepala Desa Purasari Agus Soleh Lukman S.IP menghadiri acara pembukaan kampung Ramah lingkungan (KRL) di wilayah kampung Cikaret Rt 004/003 Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. (5 Oktober 2023)

Dalam acara tersebut, dihadiri DLH Kabupaten, Kasi Ekbang Kecamatan Leuwiliang, BPD Desa Purasari, Pendamping Desa, Kepala Dusun, Ketua RT/RW. Kader dan juga pengurus KRL serta warga sekitar. 

Kepala Desa Purasari, Agus Soleh Lukman S.IP mengatakan, bahwa kampung Ramah Lingkungan yang ada di cikaret ini, adalah yang kedua di Desa Purasari selain di wilayah cianten.

"Tujuan kampung ramah lingkungan ini, adalah membina masyarakat agar sadar dalam mengurus dan menata lingkungannya terutama dalam penanggulangan sampah" Ucapnya.

Agus Soleh Lukman menyampaikan, program kampung ramah lingkungan ini, harus kita dorong dan shuport peran serta masyarakatnya baik dalam pengelolaan sampah atau program-program lainnya yang bermanfaat serta menunjang ekonomi bagi masyarakat itu sendri diawali dari perencanaan diadakannya bank sampah" Uajar Kepala Desa Purasari Agus Soleh Lukman S.IP.

Sementara itu, Kepala Dusun 2, Bedih mengapresiasi kepada bapa Rt Ibrohim dan bapak Rw kuryadi, juga kepada seluruh masyarakat Rw 03 yang sudah sangat merespon dan antusias terhadap kegiatan KRL ini. 

"Semoga dengan diadakanya kegiatan KRL di RT/RW 004/03. Dapat memotivasi warga untuk menjaga dan merawat lingkungan agar tercipta pola hidup bersih dan sehat. Peduli akan kebersihan, keamanan dan kenyamanan dilingkungan masing masing" Uncapnya.

Selain itu, Bedih berharap kegiatan KRL ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan saja, tapi akan kita jalankan juga di Wilayah RT yang lain agar menyeluruh dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di Dusun 02 untuk menciptakan lingkungan yang Asri dan nyaman.

"Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pak kades dan Ibu kades yang sudah mendukung kegiatan ini" Ujarnya.

Staf Desa Purasari, Solehudin berharap, semoga dengan adanya kampung ramah lingkungan ini menjadi contoh bagi kampung kampung lainya untuk menata lingkungan menjadi ramah dalam segala bidang terutama dalam menata dan mengurus lingkungannya sendiri, memanfaatkan pekarangan untuk menjadi lahan produktif dengan menanam sayuran atau tanaman lainnya yang bernilai ekonomi" Pungkasnya.

Laporan : Adu Wijaya