-->

Iklan

Manfaatkan Samisade, Rancabungur Mengurangi Angka Pengangguran

Admin Kabarrilis.com
Tuesday, October 10, 2023, 11:13 AM WIB Last Updated 2023-10-10T04:13:41Z
masukkan script iklan disini

Laporan Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Pemerintah Desa (Pemdes) Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, menjadikan program Satu Milyar Satu Desa (Samisade) untuk mengurangi angka pengangguran.

Samisade sebagai Program unggulan pembangunan infrastruktur Kabupaten Bogor, di Desa Rancabungur menyerap tenaga kerja sebanyak 100 orang lebih sebagai pelaksana kerja.

Hal itu mengacu kepada pemberdayaan masyarakat, di dalam penyerapan upah Hari Orang Kerja (HOK), sebagai penguatan ekonomi masyarakat di wilayah.

"Dengan melibatkan masyarakat, harus menjadi prioritas sebagai penerima manfaat, dari mulai perencanaan sampai pelaksanaannya," terang Ucup Jupri, Kepala Dusun (Kadus) Kampung Rancabungur Selasa 10 Oktober 2023.

Menurut Ucup, hal itu wajib dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) mengingat masyarakat sebagai penerima manfaat, harus benar-benar mengetahui apa saja yang menjadi hal dan kewajibannya.

"Pada saat pelaksanaan pembangunan mereka dilibatkan secara langsung dan hal itu dilakukan disini sebagai pekerja yang menerima upah, sehingga bisa jadi solusi mengurangi pengangguran," katanya.

Senada dengan Ucup Jupri, Muhammad Yanto Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Rancabungur mengatakan di satu titik lokasi menyerap tenaga kerja sebanyak 23 orang.

"Kegiatan pembangunan di RW 10 disini berupa pekerjaan turap, warga yang kerja sebanyak 23 orang, sementara di Desa Rancabungur ini pembangunannya ada di 3 RW," ungkapnya.

Muhammad Yanto menjelaskan, total anggaran dana Samisade yang telah di terima Pemdes Rancabungur sudah 100 persen dengan nilai Rp. 965.952.000,- untuk tahun 2023.

"Saat ini kita langsung kejar progres 40 persen, karena dana dan pekerjaan nya yang 60 persen sudah beres dikerjakan. Sekarang melanjutkan pekerjaan awal," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Yanto menjelaskan, jenis dan lokasi pekerjaan yang menggunakan anggaran dari Samisade tahun 2023.

"Pekerjaan turap di RW 10, jembatan di RW 08 dan pengecoran jalan lingkungan berikut turapnya di RW 06. Penggunaan anggaran samisase yang 60 persenya sudah rampung," terangnya.

POLITIK

+