Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 0602-17/Carenang Tanam Kedelai Bersama Petani

Kabarrilis.com | Serang, - Menjaga Ketahanan Pangan, Sersan Satu (Sertu) Sabar Widodo Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0602-17/Carenang Kodim 0602/Serang, membantu para petani menanam Kacang Kedelai seluas 1 (Satu) Hektar memanfaatkan areal lahan persawahan yang mengering akibat kemarau panjang,  bertempat di Kampung Blok Satu Desa Warakas Kecamatan Binuang Kabupaten Serang Provinsi Banten, Jum'at (20/10/2023).

Sertu Sabar Widodo menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut, merupakan salah satu upaya membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan areal sawah yang telah mengering, diakibatkan terjadinya kekeringan karena kemarau panjang dampak fenomena El Nino. Tentunya dengan adanya penanaman Kacang Kedelai, semoga lahan persawahan masyarakat akan dapat dimanfaatkan. 

" Sebagai Babinsa tentunya kami akan selalu hadir ditengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi, salah satunya adalah dengan membantu kegiatan seperti ini. Dengan adanya program penanaman Kacang Kedelai, semoga ketahanan pangan akan tetap terjaga dengan baik. Meskipun saat ini kita sedang dilanda kekeringan, akibat kemarau panjang," ungkapnya.
Lanjutnya memang saat ini sedang terjadi kemarau, sehingga banyak lahan persawahan yang mengalami kekeringan, sehingga tidak bisa ditanami padi. Tetapi melalui penanaman Kacang Kedelai, merupakan salah satu bentuk usaha bersama para petani, dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Binuang. 

" Kami meminta do'a kepada seluruh masyarakat, agar apa yang menjadi usaha bersama petani, dalam menjaga ketahanan pangan. Kedepannya Kacang Kedelai yang sudah ditanam,  akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu semoga kemarau panjang yang terjadi akibat dampak El Nino, akan segera berakhir dan hujan segera turun," pungkasnya.

Sementara itu, Suryana, S.T.P Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) menyampaikan program penanaman Kacang Kedelai, bersama para petani yang dibantu oleh Babinsa Koramil 0602-17/Carenang. Salah satu upaya dari Dinas Pertanian Kecamatan Binuang, menjaga ketahanan pangan ditengah terjadinya kekeringan akibat kemarau panjang. 

" Semoga apa yang menjadi usaha kita bersama ini, akan membuahkan hasil yang bagus. Agar tetap terjaganya ketahanan pangan, ditengah kemarau panjang," ucapnya.
( Ampera Situmeang )