-->

Iklan

Gaib, Pekerjaan TPT Tanpa Disertakan Papan Proyek dan Pengawasan Konsultan

Admin Kabarrilis.com
Saturday, September 30, 2023, 6:36 PM WIB Last Updated 2023-09-30T11:36:58Z
masukkan script iklan disini

Laporan : Raga Sukma ||

Gaib, pembangunan infrastruktur dalam pekerjaan Tembok Penahan Tebing (TPT) di Kampung Cimanggu, Desa Cimanggu 2 Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, tanpa disertakan papan proyek pelaksanaan sebagai bagian dari penyerapan anggaran negara.

Padahal menurut regulasi yang ada, papan proyek wajib di pampang ditempat yang mudah terlihat, termasuk Direksi Keet yang ada dilapangan.

Selain itu juga pekerjaannya tanpa di hadiri oleh konsultan termasuk pelaksana, hanya para pekerja yang sedang melakukan kegiatan pekerjaan.

Hal tersebut mengundang pertanyaan masyarakat sekitar, yang menyaksikan adanya pekerjaan di wilayahnya, karena yang ada hanya tumpukan material berupa batu belah.

"Tidak tahu Pak, pekerjaan apa itu, yang jelas sudah beberapa hari ini mereka melakukan kegiatannya disini, yang kerjanya itu sekitar 5 orangan yang saya lihat," ungkap Obi salah satu warga sekitar kepada wartawan. Sabtu 30 September 2023.

Sementara ketika ditanyakan kepada salah seorang pekerja pembangunan, yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, pekerjaannya baru 4 hari.

"Empat harian lah kurang lebih, kalau soal papan proyek saya tidak tahu, saya tahunya disini Pak Andi, konsultan pun saya tidak tahu, tahunya saya hanya melaksanakan kerja," ungkapnya.

Terkait pengawasan konsultan, dikritisi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Bogor Mohamad Romli, mengingat mengikat dengan awal, proses dan hasil akhir pekerjaannya.

"Atas terlaksananya berbagai kegiatan, terutama saya meminta ketegasan dari pihak PUPR, kepada konsultan- konsultan yang diberi amanah, untuk mengawasi kegiatan-kegiatan proyek. Supaya kualitas atau mutu dari kerjaan dan keselamatan oleh pihak ketiga itu memang maksimal, sesuai standarisasi yang dipersyaratkan," tegasnya.

POLITIK

+