-->

Iklan

Muhammad Rizal DPR RI Bareng Kemenkes Sosialisasi Germas di Ciputat Tangsel

Admin Kabarrilis.com
Sunday, July 09, 2023, 8:50 PM WIB Last Updated 2023-07-09T14:17:51Z
masukkan script iklan disini

Laporan: Muhtadin

Kabarrilis.com | Tangsel - Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggelar kegiatan sosialisasi Germas gerakan masyarakat hidup sehat di Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan sosialisasi germas tersebut bertemakan sosialisasi program peningkatan kualitas kesehatan lingkungan dengan STBM 5 Pilar. Kegiatannya di gelar di balai ratu permai, kelurahan sawah baru, kecamatan Ciputat, Tangsel.


Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri narasumber dari Direktur Penyehatan Lingkungan dr. Anas Makruf, MKM dan anggota DPR RI fraksi PAN Muhammad Rizal SH M.Si serta dari Tim Kemenkes RI.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang program kesehatan lingkungan.

"Kegiatan sosialisasi tentang kesehatan ini penting sekali, masyarakat kita semuanya harus menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih agar terhindar dari berbagai penyakit, lebih baik mencegah dari pada mengobati," jelasnya, Minggu (9/7/2023).

Dewan Rizal menjelaskan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di masyarakat yaitu dengan cara sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. 

Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Pilar STBM itu ditujukan untuk memutus mata rantai penularan penyakit dan keracunan. Adapun 5 Pilar STBM yang dimaksud yaitu 1. Stop buang air besar sembarangan 2. Cuci tangan pakai sabun 3. Pengolahan air minum dan makanan yang sehat bergizi dengan benar 4. Pengelolaan sampah rumah tangga, dan yang ke 5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan. 

"Sehat harus dimulai dari diri kita sendiri, menjaga kesehatan di lingkungan tanggung jawab kita bersama. Kesehatan lingkungan perlu peran kita semua, kita harus melestarikan lingkungan hijau, udara dan air yang bersih, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar hidup kita sehat selalu," terangnya

Lanjut Dewan Rizal, ketika sudah menerapkan 5 Pilar STBM, nantinya akan tercipta lingkungan masyarakat yang sehat dan bersih. Maka dari itu masyarakat harus menerapkan pola hidup yang sehat dan baik. Dan generasi selanjutnya akan sehat kuat dan produktif, menjadi Generasi Emas.

"Target kita semua warga negara mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat, demi mewujudkan Indonesia sehat, dan ini menjadi tanggung jawab kita semuanya. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat serta kita selalu hidup sehat," harapnya

Sementara itu Direktur Penyehatan Lingkungan dr. Anas Makruf mengatakan kunci memulai gerakan masyarakat hidup sehat itu dengan melakukan gerakan fisik, konsumsi pangan yang sehat, cek kesehatan di puskesmas atau rumah sakit, edukasi hidup sehat, dan menjaga kebersihan di rumah dan di lingkungan.

"Mudah mudahan dengan kita melakukan pola kesehatan ini, kita selalu sehat. kalau masyarakat indonesia sehat maka menjadi Indonesia yang lebih hebat dan kuat. Mari kita sama-sama mewujudkan itu," ungkapnya

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

POLITIK

+