-->

Iklan

Dinsos Kabupaten Bogor Kirim Bantuan Sembako Bagi Korban Banjir Cinanggung

Admin Kabarrilis.com
Saturday, May 06, 2023, 4:19 PM WIB Last Updated 2023-05-06T09:20:00Z
masukkan script iklan disini
Laporan : Raga Sukma
Kabarrilis.com, Bogor - Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengirimkan bantuan logistik bagi korban bencana banjir Cinanggung Kampung Paku, di Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kab Bogor, Jawa Barat. 

Bantuan secara simbolis diberikan oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Mustakim,diterima Camat Leuwisadeng Rudi Mulyana Kamis 05 Mei 2023 di Aula Kantor Kecamatan. 

Menurut Mustakim, bantuan bagi korban terdampak bencana banjir berupa paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) 

"Penyerahannya nanti langsung kepada masyarakat oleh Camat Leuwisadeng, hari ini penyerahan bantuannya secara simbolis kepadanya (Camat)," ujarnya. 

Ia menjelaskan, bantuan yang diserahkannya secara simbolis berupa sembako berdasarkan data By Name By Address (BNBA) 

"Paket Sembako ini terdiri dari Beras, minyak goreng, biskuit, susu kental manis, sarden, kernet, kecap, biskuit bayi dan mie instan yang sudah di lengkapi dengan body bag berdasarkan BNBA yang disampaikan oleh pak camat 538," ucapnya.

Masih kata Mustakim, bantuan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak bencana, tidak hanya dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk korban bencana yang kemarin sudah ada tanggap darurat oleh PLT Bupati Bogor.

"Untuk pendampingan penyaluran, supaya nanti datanya selaras. Karena dalam hal ini Tagana begitu cepat tanggap setelah enam jam kejadian Tagana sudah langsung turun kelapangan," urainya.

Dalam kesempatan itu, Camat Leuwi Sadeng Rudi Mulyana mengatakan, berdasarkan assessment dilapangan dengan pihak desa, kecamatan dan BPBD, korban yang terdampak bencana banjir bandang dari dua desa ada 538 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa mencapai 1.117 jiwa. 

"Kita akan langsung cepat di sampaikan kepada masyarakat, karena Ini tanggap darurat sehingga sembako ini cukup membantu masyarakat korban banjir," katanya.

Dia menyebut, untuk kerusakan- kerusakan bangunan, pihak kecamatan menunggu assessment dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor. Yang terdampak di dua desa diantaranya Desa Kalong dua dan Desa Sadeng. 

"Di Desa Sadeng ada puluhan rumah warga dengan kategori mengalami rusak berat dan ringan sementara di Desa Kalong dua ada belasan. Dalam kejadian ini semua kembali ke kita, jadi alam itukan tergantung kita juga mengelolanya. 

Kita lihat bahwa sekitar sepanjang sungai, semua pembuangan sampah disitu, mudah-mudahan dengan adanya ini warga mulai menyadari bahwa jangan sampai sungai ini di jadikan tempat membuang sampah sembarangan," tutupnya. (Ipay).

POLITIK

+