--> iklan
  • Jelajahi

    Copyright © KABAR-RILIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ad Sticky

    Iklan

    Bertemu Menko Marves, Bamsoet Apresiasi Dukungan Menko Marves Terhadap Rencana Pelaksanaan World Rally Championship Danau Toba 2024.

    Admin Kabarrilis.com
    Monday, May 08, 2023, 10:28 pm WIB Last Updated 2023-05-08T15:28:18Z
    masukkan script iklan disini
    Kabarrilis.com | Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Luhut Pandjaitan, atas rencana IMI bersama Pemerintah Sumatera Utara menyelenggarakan World Rally Championship (WRC) Danau Toba pada tahun 2024. WRC merupakan kejuaraan rally tertinggi dunia, yang diorganisir oleh FIA, melibatkan tiga pabrikan otomotif yakni Hyundai, Toyota, dan Ford.

    "Selain meningkatkan prestasi atlet rally Indonesia, penyelenggaraan WRC di Danau Toba juga akan memberikan country branding dan multiplier effect economy yang besar bagi Indonesia dan Sumatera Utara pada khususnya. Terutama dalam mendongkrak industri pariwisata di kawasan Danau Toba. Perputaran uang selama penyelenggaraan WRC, diperkirakan bisa menembus Rp 200 miliar lebih," ujar Bamsoet usai bertemu Menko Marves Luhut Pandjaitan, di kantor Kemenko Marves, di Jakarta, Senin (8/5/23).

    Turut hadir pengurus IMI Pusat antara lain, Pembina Ricardo Gelael dan Musa Rajekshah yang juga menjabat Wakil Gubernur Sumatera Utara, Wakil Ketua Umum Mobilitas RIfat Sungkar, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Deputi Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Bagoes Hermanto, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho. Hadir pula Ketua IMI Sumatera Utara Harun Nasution, serta Event Director Formula E Operation (FEO) Gemma Roura Serra.

    Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, statistik mencatat, penyelenggaraan WRC di berbagai negara dunia mampu menghasilkan 837 juta penonton TV Audience, 4 juta penonton on-site spectators, 140 juta penonton online videos views, 4.1 juta pengikut social media community, 9.800 jam tayang Tv Broadcast Time, serta 1.6 miliar online impressions.

    "Kehadiran WRC pada tahun 2024 di Indonesia akan mengembalikan kembali kejayaan penyelenggaraan Rally di Indonesia. Sejarah mencatat, kejuaraan rally di Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai pada tahun 1986 dengan menyelenggarakan Trans Sumatera Rally, Asia Pacific Rally Championship (APRC) (1989, 2000, 2019 dan 2022), serta World Rally Championship (1996-1997). Kesuksesan APRC Danau Toba 2022 membuat Indonesia mendapatkan tawaran untuk menyelenggarakan dua putaran APRC pada tahun 2023, yakni yakni Asia Cup Round 3 dan Grand Final APRC. Sekaligus memuluskan langkah Indonesia untuk menjadi tuan rumah WRC 2024," jelas Bamsoet.

    Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, kesuksesan APRC Danau Toba 2022 serta F1 Powerboat Lake Toba 2023 lalu terbukti juga mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, sekaligus menjadi media kampanye yang efektif dalam menduniakan Danau Toba. Hal ini dibuktikan dengan besarnya perputaran uang selama penyelenggaraan kedua acara tersebut.

    "Okupansi hotel dan omzet pedagang di sekitar kawasan Danau Toba dikabarkan naik antara 80 hingga 100 persen. Membuktikan bahwa aktivitas balap dapat menggerakan perekonomian masyarakat. APRC Danau Toba 2022 serta F1 Powerboat Lake Toba 2023 juga semakin membuat aktivitas sport tourism di kawasan Danau Toba menjadi menggeliat, memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat," pungkas Bamsoet. (*)

    Politik

    +