-->

Iklan

Kemendagri Bakal Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Penajam Paser Utara

Admin Kabarrilis.com
Friday, June 07, 2024, 11:50 AM WIB Last Updated 2024-06-07T04:51:56Z
masukkan script iklan disini
Kabarrilis.com  |   Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) bakal menggelar Pencanangan Awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Pencanangan ini akan berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kaltim, Sabtu (8/6/2024).

Acara ini bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempersatukan masyarakat Indonesia melalui salah satu identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia yaitu Bendera Merah Putih.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 17 Agustus 2024. Kegiatan nasional ini akan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk individu, kelompok, organisasi kemasyarakatan, partai politik, serta unsur pemerintahan dan swasta.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj.) Bupati Makmur Marbun akan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut pencanangan gerakan ini, termasuk penyediaan lokasi dan fasilitas yang dibutuhkan. Dukungan optimal juga diberikan terkait pembiayaan dan teknis pelaksanaan di daerah untuk memastikan gerakan ini berjalan sukses dan meriah.

Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Togap Simangunsong berharap, kegiatan ini tak hanya meningkatkan semangat kebangsaan, tetapi juga mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Pelaksanaan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan penuh rasa bangga dan cinta tanah air,” ujarnya.

Kemudian, dalam rangka menyemarakkan acara tersebut akan diadakan Kirab Bendera Merah Putih yang dimulai Sabtu sore (8/6/2024). 

Kegiatan ini berlangsung mulai dari Masjid Agung Al Ikhlas, Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Halaman Kantor Bupati, dan dilanjutkan acara puncak Pencanangan Awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024 di malam harinya. Sebagai informasi, acara ini akan dihadiri oleh kementarian/lembaga lainnya.

(MOH.Hasby)

POLITIK

+