Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Mendagri Tito Apresiasi Purnawirawan Polri atas Sumbangsih dan Kontribusi Besar bagi Bangsa

Kabarrilis.com   |   Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi para purnawirawan Polri yang telah memberikan sumbangsih dan kontribusi besar bagi bangsa. Menurutnya, berbagai bentuk pengabdian yang diberikan akan menjadi warna dan catatan tersendiri bagi institusi kepolisian. 

Hal ini disampaikan Mendagri yang menjadi wisudawan pada acara Pembinaan Pra Khirdin Pati Polri Tahun 2023 di Auditorium Mutiara Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (30/11/2023). Acara tersebut mengusung tema “Bhayangkara Setia Mengabdi”.

Mendagri mengungkapkan, acara tersebut merupakan momentum yang spesial. Ini lantaran dirinya beserta purnawirawan lainnya dilepas secara resmi oleh institusi yang berperan aktif untuk urusan keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengenang kesan-kesan baik selama menjalani tugas kedinasan di kepolisian.

“Jadi 30 tahun lebih kita mengabdi di institusi ini. Sekarang kita (purnawirawan) umur mungkin rata-rata mungkin 58, 59, 60, tadi ada letting 85 juga kami lihat tadi. Sudah 30 tahun lebih ini berarti lebih dari separuh umur kita, apalagi kalau ditambah dengan di Akpol 4 tahun, maka sebetulnya memang usia kita lebih banyak masuk diwarnai dalam dunia kepolisian, institusi ini,” ujar Mendagri.

Mendagri meyakini, kesan yang sama juga dirasakan oleh purnawirawan lainnya. Ia menyebutkan, berbagai kiprah yang telah diberikan para purnawirawan secara tidak langsung telah ikut mendorong institusi Polri semakin besar dan dikenal oleh dunia. Dirinya menambahkan, nama besar yang diemban Polri merupakan hasil kontribusi para anggota di dalamnya. Selain itu, keberadaan Polri dinilai juga ikut menentukan dinamika yang terjadi di Indonesia.

Dirinya berpesan, kepada generasi muda di kepolisian agar terus menjaga nama besar Polri. Menurut dia, nama besar Polri ditentukan oleh kiprah positif para anggotanya. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama berdinas di kepolisian memiliki kekurangan.

Mendagri berharap, kekurangan tersebut dapat disempurnakan oleh generasi muda di kepolisian. Di samping itu, meski telah berstatus sebagai purnawirawan, Mendagri mengatakan bakal terus memberikan kontribusi bagi bangsa. 

“Dan kepada Bapak Kapolri dan segenap jajaran, teman-teman yang masih aktif dan ibu-ibu, mari kita sama-sama tetap jaga terus soliditas internal. Dan kami dari luar juga pasti akan tetap tidak melupakan budi di jasa institusi, akan tetap memberikan kontribusi untuk tetap menjaga Polri juga untuk baik dan dipercaya oleh masyarakat,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beserta istri, Ketua Persatuan Purnawirawan Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrian, para wisudawan Pati Polri, serta para pejabat terkait lainnya. (Dhi)