Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Koramil 0602-10/ Pontang Bersihkan Sampah Dialiran Sungai Ciwaka Bersama Komunitas Pecinta Sungai

Kabarrilis.com | Serang  - Koramil 0602-10/Pontang Kodim 0602/Serang bersama Komunitas Pencinta Sungai Dan Sumberdaya Alam (KOPISUSU) melalui Kegiatan "KOPISUSU PEDULI", dengan bersih-bersih sungai dari sampah, melalui  sosialisasi pengelolaan sampah dan penanaman pohon di aliran Sungai Pembuang Ciwaka, bertempat di Kampung  Tirem Desa Tirem dan Desa Lebakkepuh Kecamatan Lebakwangi serta Desa Sukanegara Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Provinsi Banten, Kamis (07/12/2023).

Danramil 0602-10/Pontang Kapten Inf Elvis menyampaikan bahwa, kegiatan pembersihan sungai dari tumpukan sampah, merupakan salah satu upaya pencegahan dan pengendalian, bencana banjir di bagian hilir saluran sekunder sungai Ciujung. 

Lanjutnya, pelaksanaan pembersihan sungai melibatkan Pemerintah Kabupaten Serang, Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kabupaten Serang, DLH Kota Serang, Polres Kabupaten Serang, Pemerintah Desa Lebakkepuh, Pemerintah Desa Sukanegara, masyarakat Desa Tirem dan masyarakat Desa Sukanegara, dan tim PPA Desa Sukanegara. 

"Karya Bakti ini, juga perintah langsung dari Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mulyo Junaidi, S.E., M.Tr (Han), sesuai arahan dari komando atas. Dimana secara serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Kodim dilingkungan TNI AD, guna mengantisipasi terjadinya bencana dan menjaga kebersihan lingkungan," jelasnya.

Sementara itu, Taty Sagita Ketua KOPISUSU mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, karena tanpa bantuan dari semua KOPISUSU bukan apa-apa, namun karena kita bersama-sama, saling membantu, saling bahu-membahu untuk terlaksananya kegiatan KOPISUSU Peduli Ini akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman tanpa kendala, ujarnya.

Kepala DLHK Kabupaten Serang melalui Kepala UPT Pengelolaan sampah Istianah, menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Koramil 0602-10/Pontang dan KOPISUSU, yang sudah menjadi penggerak kegiatan bersih-bersih sungai ini.

Alhamdulillah kita bisa melakukan kegiatan bersih-bersih saluran sekunder sungai Ciujung dan penanaman pohon serta sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah, jelas ini kegiatan yang sangat positif dan harus dilaksanakan secara berkelanjutan kedepannya agar sifat memelihara atau menjaga lingkungan terutama sungai ini menular ke masyarakat banyak, dan pelan-pelan bisa merubah mindset masyarakat betapa pentingnya kebersihan lingkungan, " Pungkasnya

Laporan  :  Ampera Situmeang