-->

Iklan

Sub 5 Sektor 2 Citarum Harum Berikan Edukasi Perilaku Jaga Lingkungan Kepada Siswa Sekolah

Admin Kabarrilis.com
Wednesday, November 29, 2023, 3:28 PM WIB Last Updated 2023-11-29T08:28:50Z
masukkan script iklan disini

 

Laporan : Purwadhi JSI ||

Kabarrilis.com, Pacet, Kab Bandung,-Kelestarian alam merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan kepada generasi selanjutnya. Oleh karena itu kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada siswa. Apapun perilaku menjaga lingkungan dapat berdampak baik terhadap keberlangsungan bumi.

Dalam Edukasi Lingkungan dengan tema “Berbagi Cerita: Menjaga Bumi, Melestarikan Alam” yang dilaksanakan pada , Dasub 5 Desa Cikitu Satgas Citarum Harum menyampaikan perilaku yang paling mudah untuk menjaga lingkungan adalah tidak membuang sampah sembarangan. Karena sampah menjadikan beban pada lingkungan atau alam.

Di hadapan siswa Dansub 5 Desa Cikitu Sektor-2 Satgas Citarum Harum menyampaikan pentingnya mengurangi timbunan sampah. Sudah saatnya masyarakat memisahkan barang-barang yang tidak dipakai yang masih bisa diolah atau dipakai lagi. Penggunaan plastik sekali pakai juga harus dihindari agar tidak menambah sampah plastik, sehingga lingkungan sekitar tidak kotor atau banyak sampah.

“Jangan sampai sampah mengotori sumber-sumber air seperti sungai, laut, danau dan mata air, agar airnya tetap bersih dan bermanfaat. Dan jangan lupa, kita juga harus menerapkan budaya hemat air, memakai air seperlunya,” pesannya.

Dansub 5 Desa Cikitu Sektor-2 Satgas Citarum Harum melanjutkan, kebiasaan baik menjaga lingkungan selain tidak membuang sampah sembarangan juga menanam pohon. Dengan menanam pohon dapat menjaga air tetap tersedia, mengurangi banjir di musim hujan, mendapatkan udara untuk persediaan di musim kemarau, dan mencegah bencana longsor.

“Kita harus menanam sebanyak-banyaknya pohon seumur hidup kita. Paling tidak 25 batang pohon setiap orang seumur hidup, ujarnya.

Dansub 5 Desa Cikitu Satgas Citarum Harum juga berpesan, agar siswa tetap bersemangat dan terus belajar, untuk mencintai flora dan fauna. Banyak jenis tanaman dan satwa yang unik terancam punah karena krisis alam.

“Saya berharap kita dapat saling bertukar informasi dan pengalaman untuk memajukan dunia pendidikan, menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan,” katanya.

“Ayo kita biasakan menanam pohon, jangan buang sampah sembarangan, itu semua untuk menjaga kelestarian alam, untuk menjaga keseimbangan lingkungan, untuk kehidupan lebih baik, untuk masyarakat Indonesia dan dunia agar kita semua sehat dan kuat menjalankan kehidupan sehari-hari,”pungkas Dasub 5 Desa Cikitu.

Sektor 2 Citarum Harum Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas Tetap Semangat.

POLITIK

+