-->

Iklan

Sektor 2 Satgas Citarum Harum Sub 1 Berikan Contoh Dengan Turun Langsung ke DAS Citarum.

Admin Kabarrilis.com
Saturday, November 25, 2023, 2:25 PM WIB Last Updated 2023-11-25T07:26:12Z
masukkan script iklan disini
Kabarrilis.com  |  Kab.Bandung  - Kegiatan-kegiatan Renaksi secara rutinitas dan terus menerus dalam Program Citarum Harum Satgas Sektor 2 subsektor -1, seakan tanpa ada rasa lelah dan bosan

Dansubsektor Wilayah Desa Sukapura, Serka Moch.Tohadi dan anggotanya yang terdiri dari 5 personel TNI dari satuan-satuan dari jajaran Kodam III/ Siliwangi dan 5 Orang Gober dari wilayah seputaran Kampung Pacet di Desa Sukapura Ini dilakukan demi memperlancar ekosistem pada program Citarum Harum, sesuai Perpres No 15 Tahun 2018 tentang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Sangatlah penting dalam mengendalikan dinamika tujuan Perpres No 15 Tahun 2018, salah satunya melakukan pembersihan sampah dan rumput liar di anak sungai Sub Das Cirasea. Ini kami kerjakan bersama warga setempat dari Kampung-kampung, di 20 Rw se Desa Sukapura, utamanya, “papar Serka Tohadi yang diamini seluruh anggota pasukannya yang tergabung di Sektor 2 Satgas Citarum Harum.

Dari pihak lain para anggota gober, yakni warga setempat’ yang semakin sadar untuk memperbaiki lingkungannya, di antaranya terdiri atas para kader pelopor yang sangat merasakan manfaat dari aksi atau kegiatan perbaikan dan pembersihan lingkungan ini.

Dansub 1 Desa Sukapura pada hari ini Sabtu (25/11/2023) juga melaksanakan giat edukasi penyampaian awal kepada para kader yang kedepannya akan menjadi kader keberlanjutan program Citarum Harum ini, bahan penyampaian di dapat dari hasil duduk bersama para tokoh dan penggagas kelestarian lingkungan, dengan menyusun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Mikro DAS di Sub DAS Citarum Hulu.

“Disini kami sadar bahwa di bantaran DAS Citarum yang bersih dan tertata, ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran sungai di daerah kami, khususnya nanti pada saat musim hujan yang akan segera datang dalam waktu dekat misalnya. Kebetulan sekarang adalah akhir musim kemarau, adalah waktu yang tepat untuk bersama-sama menatanya. Intinya, kami siap menyukseskan program Citarum Harum,” ujar Pak Cece yang juga seorang RW mewakili pendapat dan saran dari kawan-kawannya sambil berfoto di atas batu bersama-sama Selfi di bantaran Das Citarum. 

Laporan  :  Purwadhi JSI

POLITIK

+