Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Perluas Peluang Investasi, Dirjen Bina Adwil Pimpin Delegasi RI di Smart City Expo World Congress 2023.

Kabarrilis.com   |  Barcelona - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA memimpin delegasi RI mengikuti Smart City Expo World Congress (SCEWC) 2023 di Barcelona, Spanyol. Acara yang dihelat sejak 6-9 November ini menampilkan kegiatan kongres dunia dan pameran kota cerdas yang diikuti lebih dari 100 negara.

Dari Indonesia, Safrizal memimpin peserta dari pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Kementerian Kesehatan, dan kepala daerah. Selain itu, para peserta juga berasal dari perwakilan kepala dinas Kabupaten Sumedang, Pulau Taliabu, Kota Makassar, dan peninjau dari Kota Solok, Semarang, dan Probolinggo.

“Kemendagri mengemban tanggung jawab untuk merumuskan kebijakan dan pembinaan dalam pengembangan kota pintar di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan peran Dirjen Bina Adwil sebagai National Representative Indonesia untuk ASEAN Smart City Network,” kata Safrizal usai melaksanakan rangkaian kongres dan expo SCEWC 2023, Jumat (10/11/2023).

Safrizal yang pada 2023 merupakan Chairman ASCN sejalan dengan keketuaan Indonesia di ASEAN mengatakan, Indonesia bersama seluruh negara anggota ASEAN berkomitmen menciptakan ekosistem dan tata kelola kota pintar.

"Untuk itu, keikutsertaan Indonesia dalam perhelatan Smart City Expo World Congress 2023 di Barcelona Spanyol terutama sekali dapat memperluas peluang investasi digital teknologi bagi pengembangan kota cerdas di Indonesia, berbanding lurus secara strategis memperkuat peran Indonesia di ASEAN," ujar Safrizal.

SCEWC merupakan forum dan expo smart city terbesar di dunia yang dibentuk pada tahun 2011. Forum dan expo ini berkembang menjadi rujukan dunia untuk mempromosikan pembangunan perkotaan dan kawasan dengan mempertemukan para pemangku kepentingan, gagasan, jaringan, pengalaman, serta bisnis internasional.

Pada 2023, SCEWC mengusung 7 tema kegiatan seperti Enabling Technologies, Energy & Environment, Tomorrow Mobility, Governance, Living & Inclusion, Economy, Infrastructure & Buildings, Safety & Security, dengan berbagai narasumber dari berbagai negara dan perusahaan atau investor.

"Untuk pertama kalinya sejak keikutsertaan delegasi Indonesia pada forum dan expo ini di tahun 2019, pada tahun 2023 ini berhasil terwujud Indonesia Pavilion sebagai hasil kolaborasi antara Kemendagri, Kemenkes, APEKSI, Pemkot Makasar, Pemkab Sumedang, dan Asech," sambung Safrizal.

Dengan partisipasi pada acara tersebut, Indonesia dapat menampilkan potensinya yang sangat besar di bidang teknologi digital dan ekosistem kota cerdas. 

"Hal ini terbukti dengan banyaknya visitasi atau kunjungan ke Indonesia Pavilion, bahkan melalui fasilitasi Ditjen Bina Adwil telah tercapai pula komitmen bersama atau Letter of Intent (LoI) antara Pemkab Sumedang, Wisercat Estonia, dan PT INTI untuk mengembangkan kota cerdas," pungkas Safrizal. (Dhi)