Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

wa

Serapan Dana Samisade Ciaruteun Ilir Tahun 2023 Untuk Antisipasi Longsor

Laporan : Ipay Raga Sukma ||

Kabarrilis.com, Bogor - Pembangunan Infrastruktur Tembok Penahan Tanah (TPT) Jalan lingkar Desa Ciaruteun Ilir Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, pelaksanaannya nyaris rampung dikerjakan sudah hampir mencapai 75 persen.

Sumber anggaran yang digunakan untuk Pembangunan TPT berasal dari dana Satu Milyar Satu Desa (Samisade) tahap pertama tahun 2023.

"Untuk pelaksanaan pembangunan yang sedang berjalan progresnya sudah beberapa persen, untuk samisade yang sekarang mulai di bangun di lokasi kampung Wangun Jaya Rt.02, RW. 07 dan kampung Ciaruteun Ilir RT.02 RW. 03, yang sedang di kerjakan untuk saat ini sudah mencapai progresnya 75 persen," ungkap Supandi, Kepala Desa (Kades) Ciaruteun Ilir di Ruang Kerjanya Senin 11 September 2023.

Supandi berpandangan, penyerapan anggaran harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat memiliki manfaat yang tepat.

"Untuk semua usulannya tahun 2024 mendatang, harus mempertimbangkan juga terkait anggarannya, harus dilihat seberapa faedah yang kita dapatkan dan harus bisa membagi dalam semua kegiatan. Agar semuanya terserap dengan baik," ujarnya.

Lebih lanjut Supandi menjabarkan, realisasi anggaran dana Samisade yang telah dicairkan di Desanya, digunakan untuk membangun infrastruktur.

"Realisasi Samisade tahap pertama di tahun 2023, yaitu pembangunan tpt dan pengaspalan jalan beberapa persen dari sisa yang mana dibangun dari anggaran samisade," katanya.

Menurut Supandi, banyak faedah yang didapat dari adanya pembangunan TPT, sehingga masyarakat mendapat hasil positifnya (lebih nyaman).

"Sudah dijalankan dalam kegiatannya untuk menahan bencana, ataupun longsoran untuk kenyamanan masyarakat. Mengingat karena wilayah nya itu rawan longsor, kita menjaga kenyamanan, yang harus kita pikirkan ketika musim hujan, karena sering longsor dan menutupi saluran-saluran air," tegasnya.