-->

Iklan

Tingkatkan Kepedulian Sesama ASN, Kepala BPSDM Kemendagri Serahkan Hewan Kurban

Admin Kabarrilis.com
Wednesday, June 28, 2023, 4:48 PM WIB Last Updated 2023-06-28T09:51:18Z
masukkan script iklan disini
Laporan : Yayat Irama

Kabarrilis.com | Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada Panitia Iduladha 1444 H BPSDM, Selasa (27/6/2023). Penyerahan itu dilakukan di Kantor BPSDM Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan dengan turut disaksikan oleh seluruh PPSDM Kemendagri Regional, mulai dari PPSDM Regional Makassar hingga PPSDM Regional Bukittinggi, serta Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) secara daring.

Selanjutnya, pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) setempat. Diharapkan melalui kegiatan ini kualitas ketakwaan dan keimanan jajaran pegawai di lingkungan BPSDM Kemendagri dapat terus ditingkatkan. Selain itu, diharapkan pula kegiatan ini mampu memupuk rasa kepedulian antarsesama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemendagri.

Dalam sambutannya, Sugeng menjelaskan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin. Setiap tahunnya jajaran ASN di lingkungan BPSDM dan PPSDM Regional menjalankannya sebagai wujud meneladankan hikmah yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Pada Iduladha tahun ini, total hewan kurban yang berhasil dikumpulkan yakni 11 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Nantinya, daging kurban bakal dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan hingga para fakir miskin.

“Mudah-mudahan dengan seluruh pengorbanan kita dan hewan kurban yang kita berikan nanti bisa menghapuskan dosa-dosa kita. Kita juga berdoa semoga kurban ini bisa memberikan semangat kepada jajaran ASN Kemendagri dalam mengabdi,” kata Sugeng saat prosesi penyerahan hewan kurban.

Sugeng menjelaskan, penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang tinggi. Karenanya, dirinya berharap kegiatan itu mampu memberikan manfaat serta keberkahan bagi semua pihak.

“Kita bersama doakan, semoga saudara-saudara kita yang sedang berhaji diberikan tambahan bekal takwa dan kemudahan di mana pun berada dan mendapat predikat haji yang mabrur. Dan melalui menyembelih hewan yang kita kurbankan hikmahnya adalah meningkatnya kepedulian sosial, dan menjadi umat yang senantiasa bersyukur dan berempati kepada yang masih kekurangan,” tandas Sugeng.

Sebagai informasi, dalam acara yang sama juga dilakukan penyerahan hewan kurban oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPSDM Kemendagri kepada sejumlah masyarakat yang membutuhkan. Hewan kurban dengan rincian 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing itu nantinya bakal diproses dan dibagikan kepada kalangan duafa dan pemulung di wilayah Bantargebang Bekasi.

POLITIK

+