-->

Iklan

Kemendagri Gelar Rakernas Camat, Sosialisasi P3PD PIU 1D, dan Launching Gerakan Kencana Tahun 2023

Admin Kabarrilis.com
Sunday, June 25, 2023, 1:08 AM WIB Last Updated 2023-06-24T18:09:35Z
masukkan script iklan disini
Laporan : Yayat Irama

Kabarrilis.com | Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Camat, Sosialisasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) PIU 1D, dan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Dalam acara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA menjelaskan, agenda Rakernas Camat kali ini dirangkaikan sekaligus dengan sejumlah kegiatan besar. Pertama, menjalankan Program Implementasi Unit (PIU) 1-D dalam mendukung Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).

"PIU 1D ini merupakan program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa yang merupakan satu tarikan napas dengan program pelatihan kepala desa di seluruh Indonesia. Tentu pembinanya adalah di tingkat kecamatan, sehingga penguatan kapasitas camat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pembinaan dan pengawasan yang mampu mengubah model desa yang kovensional menjadi desa yang modern dan berkinerja tinggi serta maju. Camat menjadi garda terdepan dalam membina dan mengawasi setiap desa," ujar Safrizal.

Kedua, lanjut dia, digelarnya Rakernas ini bertujuan mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024. Ketiga, peluncuran Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) yang merupakan upaya untuk menjangkau seluruh desa kurang lebih 80 ribu desa melalui camat.

"Jadi, tiga agenda ini dirangkum menjadi satu kegiatan untuk menghemat waktu sehingga tidak terlalu banyak rapat dan bisa selesai dalam satu kegiatan," imbuh Safrizal.

Pada kegiatan tersebut juga sekaligus dilakukan penandatanganan komitmen 60 bupati terhadap program kegiatan P3PD yang diwakili oleh 3 bupati. Kemudian dilanjutkan dengan launching “Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana” yang secara simbolis dilaksanakan dengan prosesi pemakaian rompi kepada tiga perwakilan camat oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi panel yang menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Ketua Komisi II DPR RI, Kepala BIN, Sekjen Kemendagri, Irjen Kemendagri, Dirjen Polpum Kemendagri, dan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri. Hadir pula Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan Deputi Bappenas. Sesi tersebut kemudian berlanjut dengan pembacaan kesimpulan serta rekomendasi Rakernas oleh Plt. Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama dan ditutup secara resmi oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA.

POLITIK

+