--> iklan
  • Jelajahi

    Copyright © KABAR-RILIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ad Sticky

    Iklan

    Belajar dari Poso, Mendagri Ingatkan Banggai Pentingnya Jaga Keamanan dan Ketertiban

    Admin Kabarrilis.com
    Friday, June 02, 2023, 12:38 am WIB Last Updated 2023-06-01T17:38:57Z
    masukkan script iklan disini
    Laporan : Yayat Irama || 

    Kabarrilis.com, Banggai - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai agar menjaga keamanan dan ketertiban. Pesan itu disampaikannya saat memberi sambutan pada acara Panen Raya Padi di Desa Mantawa, Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (1/6/2023).

    Menurutnya, situasi yang aman dan damai merupakan modal terbesar dalam mendukung upaya pembangunan. “Bukan sumber daya alam dan lain-lain, bukan sumber daya manusia, yang nomor satu adalah situasi aman damai, karena kalau sudah situasinya aman damai baru kita bisa bekerja,” terang Mendagri.

    Ikhtiar tersebut perlu dilakukan karena belajar dari Kabupaten Poso yang sempat terjadi konflik yang membuat situasi tidak aman. Kondisi tersebut membuat Kabupaten Poso waktu itu kurang berkembang meski memiliki alam yang subur seperti Kabupaten Banggai. “Sekarang situasi sudah jauh membaik, sudah aman, jadi pengalaman kasus di Poso bahwa saya menganggap modal terpenting Banggai ini adalah jaga situasi keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

    Mendagri mengingatkan, apabila muncul benih-benih potensi konflik entah karena masalah ekonomi, tanah, keagamaan, atau lainnya harus cepat diatasi. Keamanan dan ketertiban tersebut harus terus dirawat dan tidak boleh menganggap benih konflik sebagai sesuatu yang biasa terjadi.

    “Ini semua sawah yang kita lihat ini dan masyarakat yang bisa berjalan dengan bebas di sini tanpa gangguan, ini hanya terjadi karena situasi yang aman,” terangnya.

    Dirinya mengimbau kepada jajaran Kapolres, Kejari, Kejati, Dandim, maupun pihak lainnya yang hadir dalam pertemuan tersebut dapat membantu Bupati Banggai dalam rangka mengawasi daerah tersebut agar lebih maju.

    Politik

    +