--> iklan
  • Jelajahi

    Copyright © KABAR-RILIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ad Sticky

    Iklan

    Profesor Dewi Patmo Membuka Program Pengabdian Masyarakat Nasional di Kabupaten Bogor.

    Admin Kabarrilis.com
    Tuesday, May 23, 2023, 11:23 pm WIB Last Updated 2023-05-23T16:24:22Z
    masukkan script iklan disini

    Laporan : Raga Sukma ||

    Kabarrilis.com, Bogor - Profesor Dewi Patmo Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Terbuka (LPPM - UT) membuka acara pengabdian masyarakat nasional yang digagasnya bagi masyarakat Desa Situ Udik, Kec. Cibungbulang, Kab Bogor Tahun 2023 - 2025.

    Kegiatannya dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cibungbulang, jajaran Pemerintah Desa (Pemdes), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pembina Wilayah (Binwil) Bhabinkamtibmas serta tokoh Agama Desa Situ Udik Selasa 23 Mei 2023.

    Dalam sambutannya Prof Dewi Patmo, memaparkan tujuan utama yang akan dijalankan dalam programnya sebagai prioritas utama dilakukan dengan cara setentak, 

    "Prioritas kami adalah aktif membangun desa secara berkualitas, dari semua lini melalui parenting atau metode yang tepat bagi orang tua untuk memahami peran mereka dalam pembentukan karakter anak.

    Saat ini adalah jamannya digital, jadi kita akan menerapkan e-game, karena saat ini anak-anak memegang gadgett jadi dengan demikian kita arahkan kepada pembelajarannya saja, dari monitoring orang tua di era tehnologi ini. 

    Parenting ini adalah metode yang tepat bagi orang tua, untuk memahami peran mereka dalam pembentukan karakter anak, bisa juga melalui perpustakaan. 

    Selain hal tersebut diatas, program kita juga ada side job untuk ibu rumah tangga, yang semuanya akan dilakukan secara serentak bagi warga Desa Situ Udik, termasuk pengeboran air dan instalasinya," bebernya.

    Menurutnya, demi pencapaian program yang efektif dan efisien, melalui sistim serentak dengan langsung menurunkan dosen sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya. 

    "Untuk tahun ini kita programnya adalah, keroyok untuk seluruh dosen-dosen 4 fakultas dari UT, turun semua secara serentak sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. 

    Seperti bidang usaha mikro, kecil dan menengah, itu dari fakultas ekonomi dan bisnis. Kemudian untuk pendidikan dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, ada juga dari pertanian serta sains dan teknologi. 

    Mudah-mudahan kita hadir langsung semuany kita keroyok, jadi lebih terasa lebih bagus, tahun lalu kan programnya terpisah-pisah, sekarang kita fokus di Desa Situ Udik dselama 3 tahun," urainya.

    Evaluasi program akan dilakukan Dewi Patmo, setelah berjalan selama 3 tahun, yang selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan

    "Dalam perjalanan 3 tahun, kita lihat hasilnya mana yang berjalan dengan baik, kalau sudah baik akan kita lepas, Tahun depannya kita tingkatkan atau cari lagi yang perlu dibantu. Ditambah ilmu dan wawasannya, karena penting sekali untuk seluruh warga Desa situ Udik ini," terangnya. 

    Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Situ Udik, Mamat Sudin, yang didampingi oleh Ketua BPD Jayanul Iman, sangat menyambut baik program LPPM - UT. 

    "Patut kita syukuri dengan adanya program dari lppm ut ini, juga merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Situ Udik, karena hanya ada 4 desa di Kabupaten Bogor menjadi Desa binaan ini. 

    Sehingga patut kita syukuri kesempatan as ini, karena cukup waktu lumayan lama, program ini berjalan yaitu selama 3 tahun," katanya. 

    Selanjutnya giliran Agung Surachman Ali yang mendapatkan giliran sambutan, Ia mengatakan, "Capaian akhir yang ingin kami dapatkan, yang pertama output dari kegiatan yang ada pasti bermanfaat bagi masyarakat. Kaitan capaian spesifiknya, masing-masing fakultas melakukan pengabdian masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. 

    Tentu saya menyambut baik program ini, jarang-jarang diberikan program oleh perguruan tinggi ke desa-desa. Jadi hari ini Universitas membuka dari 10 desa, yang berada disekitar Jabotabek, Situ Udik salah satunya di Kecamatan Cibungbulang yang mendapat program yang luar biasa ini,".

    Politik

    +