--> iklan
  • Jelajahi

    Copyright © KABAR-RILIS NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ad Sticky

    Iklan

    Peringati Harkitnas, Sekjen Suhajar Pimpin Upacara di Lingkup Kemendagri.

    Admin Kabarrilis.com
    Monday, May 22, 2023, 3:02 pm WIB Last Updated 2023-05-22T08:03:26Z
    masukkan script iklan disini
    Laporan : Moh.Hasby || 

    Kabarrilis.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 di Lingkup Kemendagri, Senin (22/5/2023). Suhajar dan peserta upacara kompak mengenakan seragam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

    Dalam amanatnya, Suhajar membacakan sambutan Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD. Dia mengatakan, 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

    “Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur,” kata Suhajar.

    Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo merupakan pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa sulit, baik pada pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. “Di masa ini, saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api ‘Semangat Untuk Bangkit!’ demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

    Suhajar mengatakan, peringatan Harkitnas tahun ini perlu dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik.

    Selain itu, dirinya juga menyingung sejumlah capaian yang ditorehkan bangsa Indonesia seperti dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang ada, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian bangsa.

    “Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca-pandemi,” ujarnya. 

    Selain itu, pertumbuhan perekonomian Indonesia juga terbilang baik. Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen (year-on-year). Angka ini jauh meningkat dari pertumbuhan ekonomi pada 2021 sebesar 3,70 persen, bahkan melebihi capaian sebelum masa pandemi di tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus tumbuh sebesar 5,03 persen. Ini menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan V tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen.

    Di lain sisi, lanjut Suhajar, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20. Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu.

    “Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca-pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045,” terangnya.

    Suhajar mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. “Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” tandasnyaa.

    Politik

    +