-->

Iklan

Bersama Kasipem Kecamatan Leuwiliang Kades Karyasari Melantik 48 Pimpinan Wilayah

Admin Kabarrilis.com
Thursday, June 20, 2024, 5:11 PM WIB Last Updated 2024-06-20T10:19:38Z
masukkan script iklan disini

Ipay, kabarrilis.com - Kabupaten Bogor || Kepala Desa (Kades) Karyasari Riyad Supriya bersama dengan Kepala Seksie Pemerintah (Kasie-pem) Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat 


Kamis 20 Juni 2024, melantik 10 Ketua Rukun Warga (RW) bersama 38 Rukun Tetangga (RT) secara serentak dengan dihadiri seluruh jajaran pemerintah dan lembaga di Aula Kantor Desa Karyasari.


Dalam sela-sela kegiatan pelantikan, Hendra Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Ka. Ur Kesra) Desa Karyasari, menyatakan ada dia sistem pemilihan yang terlaksana.


"Secara umum pelaksanaan pemilihan menggunakan cara demokrasi, namun ada di wilayah RW 03 disana itu secara aklamasi," katanya.


Hendra berasalan, terjadinya pemilihan secara aklamasi terjadi di RW 03 karena mungkin masyarakatnya masih sangat percaya dipimpin oleh Ketua RT dan RW - nya yang lama.


Dari 38 Ketua RT yang saat ini dilantik 20 pejabat adalah incumbent dan 18 nya itu Ketua RT baru dengan proses pemilihan nya itu secara demokrasi.


Kecuali yang tadi diwilayah Kampung Mulyasari RW 03, di sana itu atas dasar keinginan warganya emang aklamasi dan itu dituangkan dalam berita acara," ungkap Hendra kepada kabarrilis.com.


Menurut Hendra, mekanisme proses pemilihan Ketua RT / RW sudah sesuai degan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 18 tahun 2018 tentang Kelembagaan Desa


"Perbup Bogor nomor 18 tahun 2018 itu dasar aturan yang sedang kita gunakan, selain itu komunikasi intens terus saya lakukan komunikasi bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD-red)," ujarnya.


Terpisah, Asdi Kasiepem Kecamatan Leuwiliang menyatakan, diwilayahnya ada 2 Desa yang melakukan pemilihan Ketua RT dan RW secara serentak tahun 2024.


"Pada tahun 2024 ini untuk Kecamatan Leuwiliang, para Ketua RT dan RW nya yang telah habis masa baktinya dan hari ini terakhir dilantik Desa Karyasari.


Sebelum di Desa Karyasari melakukan pemilihan dan pelantikan sesuai dengan masa baktinya, Desa Puraseda terlebih dulu melaksanakannya," ujar Asdi.


Sebelumnya, Ketua RT 01 /01 Afit Fitriadi terpilih secara Demokrasi di Kampung Sipon, mengapresiasi Kades Karyasari Yadi Supriadi.


"Hari ini saya bersama teman-teman RT dan RW dilantik dan ini pula lah hasil dari pola kepemimpinan dari Bapak Kades, beliau orang nya sangat berwibawa juga kharismatik.


Pola yang diterapkan beliau kepada para warga, utamanya dalam pola pemilihan Ketua RT dan RW tanpa intervensi atau bebas, langsung umum dan Rahasia.


Lebih tepatnya sistem Demokrasi, dari kita untuk kita dan oleh kita. Dengan hal seperti itu sudah sepatutnya kami para Ketua RW, RT menjadi garda terdepan di dalam semua program Pemerintah Desa Karyasari," pungkasnya.

POLITIK

+